Wujudkan Medan Bersih, Kecamatan Medan Deli Gotong Royong Seminggu Tiga Kali

dibaca 316 pembaca

Wujudkan Medan Bersih, Kecamatan Medan Deli Gotong Royong Seminggu Tiga Kali

Sebagai upaya mewujudkan Medan Bersih yang merupakan salah satu visi misi Wali Kota Medan Bobby Nasution, Kecamatan Medan Deli melakukan gotong royong seminggu tiga kali. Hal ini dilakukan agar penanganan kebersihan sebagaimana program prioritas Bobby Nasution berjalan efektif dan maksimal. Aksi yang dinamai gotong royong massal (Gomas) ini dilakukan di hari Rabu, Sabtu dan Minggu. Dalam kegiatan ini tidak hanya melibatkan jajaran P3SU maupun pasukan Melati dan Bestari namun masyarakat dan stakeholder yang ada di Kecamatan Medan Deli. Dengan dilakukannya Gomas seminggu tiga kali ini, lokasi yang menjadi titik sampah liar ini sudah berangsur bersih dan bebas dari sampah.

 

 

 


Camat Medan Deli Ferry Suheri menjelaskan bahwa dalam seminggu pihaknya menggelar gotong royong sebanyak tiga kali. Di hari rabu jajaran Kecamatan melakukan gotong royong di titik yang rawan sampah. Artinya di lingkungan yang tidak banyak penduduknya, sebab di lokasi tersebut perawatannya kurang dan masyarakat sekitarnya pun enggan membersihkannya. 
"Di hari Rabu lurah nanti yang akan melaporkan titik mana yang akan dilakukan gotong royong. Secara bergantian enam Kelurahan yang ada di Medan Deli akan menginformasikan kepada kita lokasi mana yang rawan kebersihannya," Kata Camat Medan Deli ketika dikonfirmasi kemarin.

 

 


Ferry Suheri menambahkan, untuk di hari sabtu jajaran kelurahan yang rutin menggelar kegiatan gotong royong. Seluruh kelurahan yang ada akan melakukan Gomas di hari Sabtu dengan melibatkan masyarakat dan organisasi kepemudaan maupun stakeholder. Fokus gotong royong tersebut diantaranya titik yang rawan sampah, drainase dan bantaran sungai Deli. 
"Kita wajibkan kelurahan menggelar gotong royong di titik di dalam lingkungan sembari mengajak masyarakat untuk turut serta dalam kegiatan tersebut dan menghimbau agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungannya. Fokus gotong royong di hari Sabtu adalah titik rawan sampah,  saluran drainase maupun bantaran sungai Deli," Sebut Ferry.

 

 


Kemudian Ferry Suheri menjelaskan Kecamatan Medan Deli mewajibkan setiap kepala lingkungan menggelar gotong royong di hari Minggu di lingkungannya. Masyarakat tetap dilibatkan dalam gotong royong ini. Namun tidak semua kepala lingkungan melakukan gotong royong di hari Minggu, dikarenakan malam Minggu kita secara bergantian akan berjaga di posko tawuran, guna mencegah aksi tawuran dan geng motor di wilayah Kecamatan Medan Deli. 
"Kepling yang berjaga di posko tawuran besoknya tidak melakukan gotong royong, namun Kepling yang tidak berjaga di posko akan tetap melakukan gotong royong di hari Minggu," Ujar Camat Medan Deli. Menurut Ferry Suheri, gerakan gotong royong yang digelar seminggu tiga kali ini berdampak positif bagi kebersihan lingkungan di wilayahnya. Aksi yang dilakukan ini bertujuan untuk mewujudkan visi misi Pak Wali Kota yakni Medan Bersih dan salah satu upaya dalam mewujudkan program prioritas di bidang penanganan kebersihan.

 

 

 

"Alhamdulillah beberapa titik yang telah dilakukan gotong royong saat ini sudah mulai bersih, meskipun masih ada ditemukan masyarakat yang melintas membuang sampah. Jika ditemukan sampah petugas kita langsung mengangkatnya. Selain itu Kepling kita wajibkan menjaga titik tersebut dan menghimbau agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan. Aksi gotong royong seminggu tiga kali ini kita harapkan akan dapat mewujudkan Medan Bersih dan penanganan kebersihan akan lebih efektif," Jelas Ferry. Ferry Suheri juga mengungkapkan bahwa di hari Sabtu kemarin (4/6) jajaran Kecamatan, Kelurahan dan Kepling bersama Polsek Medan Labuhan menggelar Gomas di kelurahan Kota Bangun. Fokus dalam gotong royong tersebut adalah Gundukan sampah, pembersihan rumput di sepanjang bantaran sungai Deli.

 

 

 


"Gotong royong massal bersama Polsek Medan Labuhan ini digelar dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara Ke-76 tahun. Melalui aksi ini diharapkan dapat mengubah kebiasaan masyarakat yang membuang sampah sembarangan menjadi peduli akan kebersihan lingkungan," tutur Ferry.

 

 

 

Sumber : Prokopim Pemko Medan