Mengenal Edmodo Sebagai Free Private Social Platform dalam Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh

dibaca 1447 pembaca

Setahun lebih sudah pandemi Covid-19 membayangi dunia pendidikan, membawa dunia pendidikan menjalani proses belajar mengajar dengan model pembelajaran jarak jauh dan menjadi solusi yang dilakukan untuk memastikan kesinambungan dalam pembelajaran. Dampak pandemi Covid-19 mengakselarasi tenaga pendidik untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses belajar mengajar. Hal yang paling mudah dan banyak dilakukan para guru dalam pembelajaran online adalah memanfaatkan group whatsapp sebagai media pembelajaran daring. Namun tidak jarang juga memanfaatkan fasilitas media pembelajaran menggunakan aplikasi elearning yang sering disebut learning manajemen system.

Salah satu yang menjadi tantangan dari proses pembelajaran ini adalah keterbatasan pengetahuan terkait pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi para pendidik. Oleh karenanya, para guru dan tenaga pendidik dituntut untuk dapat menguasai teknologi dan informasi dalam menunjang proses pembelajaran. Hal ini juga sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2020 - 2024 yang berfokus pada peningkatan sumber daya manusia manusia yang berkualitas dan berdaya saing menjadi tantangan bagi mitra dalam peningkatan kualitas guru. E-learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet.

E-learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas. Pada dasarnya system elearning terdiri dari 3 (tiga) komponen, yaitu Learning Management System (LMS), eContent, dan e-Services. Ketiga komponen ini, unfortunately, dilakukan oleh tiga aktor yang berbeda. LMS, sebagai mesin dari system e-Learning dibuat oleh berbagai perusahaan swasta (WebCity, Blackboard, dan lain-lain) dan ada juga yang dibuat oleh masyarakat dengan menggunakan open source (Moodle, Sakai, dan lain-lain). Sedangkan e-Content merupakan materi pembelajaran (learning materials) yang dikembangkan oleh guru, dosen, fasilator yang hendak mengajarkan materi tersebut kepada muridnya. Untuk mendukung system e-Learning agar berjalan sesuai dengan yang diharapkan, diperlukan tenaga pendukung (supporting staff) yang memberikan layanan elektronis (e-Service).

Salah satu LMS yang banyak digunakan di Indonesia adalah Edmodo. Edmodo merupakan platform pembelajaran berbasis Learning Management System (LMS) yang aman bagi guru, siswa dan sekolah berbasis sosial media. Sejak didirikan pada tahun 2008 oleh Jeff O’Hara, Nic Borg, dan Crystal Hutter, edmodo telah banyak digunakan oleh komunitas akademik dan kini memiliki lebih dari 140 juta pengguna. Edmodo memberi fasilitas bagi guru, murid tempat yang aman untuk berkomunikasi, berkolaborasi, berbagi konten dan aplikasi pembelajaran, tugas bagi siswa, diskusi dalam kelas virtual, ulangan secara online dan juga penilaian. Tujuannya adalah untuk membantu pendidik/ guru memanfaatkan kekuatan media sosial untuk menyesuaikan kelas untuk setiap pembelajaran. Edmodo dengan semboyan “Learn anywhere. Stay connected to your classroom, collaborate, and share content from your mobile device”.

Pembelajaran bisa dilakukan dimana saja, kapan saja dan dapat dilakukan dari perangakat apa saja yang mendukung. Karena sifatnya yang gratis, maka pihak sekolah tidak memerlukan adanya penangan server yang khusus dan penyediaan SDM untuk mengelola konten tersebut. Mengenal Fitur Edmodo Edmodo tersedia pada sistem operasi IOS yang dapat diunduh pada apple app store dan juga tersedia pada sistem operasi android pada google play. Melalui aplikasi browser dapat diakse pada halaman website https://new.edmodo.com/. Edmodo memiliki fitur yang disesuaikan dengan jenis akun ketika pendaftaran baru seperti pendaftaran sebagai guru, sebagai siswa, sebagai orang tua dan juga sebagai admin di sekolah ataupun kampus. Berikut ini fitur yang dimiliki oleh edmodo · Kelas dan Group Kelas merupakan ruang khusus untuk melibatkan siswa dan orang tua sehingga memungkinkan dalam kelas tersebut mengirimkan postingan, kuis, tugas, jejak pendapat dengan siswa. Sementera group lebih dikhususkan bagi ruang group guru, pengembang, ataupun pelatihan guru dengan guru lain.

Guru dapat menentukan membuat kelas atau group disesuaikan dengan kebutuhannya. Assignment Assignment digunakan oleh guru atau dosen untuk memberikan tugas kepada peserta didik secara online dilengkapi waktu deadline dan adanya fitur attach file sehingga peserta didik dapat mengirimkan tugasnya dalam bentuk file. Guru dapat memberikan penilaian langsung terhadap tugas yang telah diselesaikan oleh siswa. Nilai yang diberikan secara otomatis akan tersimpan pada gradebook. Guru juga dapat memberikan feedback atas tugas dari siswa dan begitu juga sebaliknya. Kuis Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan para siswa, guru dapat memberikan evaluasi berupa kuis. Guru dapat memberikan judul kuis, deskripsi tentang kuis, dan batas waktu pengerjaannya. Perhitungan skor tiap soal akan dihitung secara otomatis untuk semua jenis pertanyaan. Beberapa jenis soal yang dapat didukung di edmodo diantaranya multiple choice, multiple answer, true or false, matching, fill in the blank dan short answer. Polling Polling atau jajak pendapat merupakan fitur pada edmodo untuk mendapatkan umpan balik langsung terkait tugas, bacaan, atau acara/kegiatan.

Wellness Check Melalui fitur ini guru dapat menerima interaksi langsung kabar dari siswa dengan adanya icon emotion · Library Fitur ini sebagai pustaka penyimpanan materi atau bahan pembelajaran. Fitur ini memungkinkan dosen/guru dapat mengupload bahan ajar, materi, sumber referensi, gambar, video, audio dan konten digital lainnya. Guru dapat membuat libray berupa folder yang nantinya dapat dibagikan ke kelas-kelas yang ada. Library ini memungkinkan juga terkoneksi ke google drive dan juga microsoft one drive. Badges and Progress Book Bentuk apresiasi kepada siswa dapat dilakukan dengan fasilitas badges. Murid yang dapat menyelesaikan tugas dengan baik, nilai terteringgi, atau penyelesaian tugas tercepat dapat diberikan apreasi dalam bentuk digital badges yang tersemat dalam profil siswa. Melalui badges ini akan mendorong siswa untuk lebih semangat dan tekun dalam pengerjaan tugas yang diberikan guru.

Progress book memungkinkan guru dalam mengelola nilai hasil tugas, kuis yang telah dilakukan oleh siswa. Masih banyak lagi fitur fitur yang ada pada edmodo sehingga memungkinkan para guru dan siswa merasakan kemudahan dalam pembelajaran kekinian. Karena sifatnya yang gratis, maka pihak sekolah tidak perlu adanya penanganan server khusus dan penyediaan sumber daya manusia dalam penanganan lms. Edmodo dengan tampilan yang user friendly sehingga memudahkan user dalam penggunaanya baik menggunakan pc, notebook maupun smartphone.

 

Oleh: Akhyar Lubis, S.Kom, M.Kom