Patroli Personil Gabungan Pastikan Keamanan Kota Medan

dibaca 332 pembaca

Patroli Personil Gabungan Pastikan Keamanan Kota Medan

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si diwakili Asisten Administrasi Umum (Asmum) sekaligus Plt Asisten Pemerintah (Aspem) Kota Medan Renward Parapat ikut serta dalam pelepasan personil gabungan pengamaman malam Tahun Baru 2021, di Jalan Bukit Barisan, Medan, Kamis (31/12) malam. Pelepasan turut dilakukan bersama unsur Forkopimda Sumut diantaranya Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin dan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin.

Ribuan personil gabungan yang dikerahkan terdiri dari unsur TNI-Polri bersama Satpol PP Kota Medan dan Dinas Perhubungan (Dishub). Nantinya, personil akan melakukan patroli ke sejumlah titik Kota Medan guna memastikan keamanan serta tidak adanya kerumunan di malam pergantian tahun. Sebab, kondisi Kota Medan saat ini masih dilanda pandemi Covid-19.


Pelepasan ditandai dengan mengangkat bendera oleh Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Pangdam I/BB dan Kapolda disaksikan unsur Forkopimda yang hadir. Selanjutnya, personil gabungan mulai bergerak ke titik lokasi pengamanan. Sebagian personil ditempatkan di sekitar kawasan Lapangan Merdeka Medan untuk memastikan tidak adanya masyarakat yang memasuki lokasi yang biasanya kerap menjadi titik kumpul masyarakat untuk melewati malam pergantian tahun.


Usai Melepas Patroli Gabungan, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin menjelaskan bahwa dalam Patroli Gabungan Malam Tahun Baru 2021 ribuan Personel yang diturunkan baik dari Polda Sumut, Kodam I/BB, Satpol PP Provinsi Sumut dan Satpol-PP Kota Medan. Patroli ini dilakukan guna memastikan masyarakat mentaati Protokol Kesehatan dan tidak adanya kerumunan di malam Tahun baru. Sebab saat ini Virus Covid-19 sudah ada jenis barunya.

"Personil Kepolisian dibantu TNI dan Unsur Pemda Siap mengamankan malam pergantian tahun baru di Sumut khususnya Kota Medan. Artinya kita ingin memastikan kondisi aman sekaligus memastikan masyarakat mematuhi Protokol Kesehatan salah satunya menghindari kerumunan", jelasnya.


Asisten Umum Renward Parapat, usai melepas Patroli Gabungan mengungkapkan, Pemko Medan sangat berterima kasih kepada TNI- Polri yang telah menggelar Patroli Gabungan malam Tahun Baru di wilayah Kota Medan. Apalagi di masa Pandemi Covid-19 ini dikhawatirkan adanya kerumunan masyarakat yang dapat menyebabkan penyebaran Virus Covid-19.


Dijelaskan Renward Parapat, dalam Patroli Gabungan malam Tahun Baru ini, Pemko Medan juga melibatkan Personil Satpol PP dan Dinas Perhubungan serta OPD terkait lainnya. Hal ini sebagai dukungan Pemko Medan untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat khususnya di malam tahun baru 2021.


"Selain itu Unsur Kecamatan dan Kelurahan juga dilibatkan di posko wilayah masing-masing. Kita harapkan Masyarakat tetap mematuhi Protokol Kesehatan dan tidak ada yang berkerumun serta berkumpul di malam tahun baru ini, agar tidak terjadi penyebaran Virus Covid-19. Cukup dirumah saja dengan keluarga menyambut tahun baru 2021", jelas Renward.




Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan