Sekda Berharap SIPD Dapat Wujudkan Pemerintahan Yang Akuntabel, Efektif & Transparan

dibaca 571 pembaca

Sekda Berharap SIPD Dapat Wujudkan Pemerintahan Yang Akuntabel, Efektif & Transparan

Dengan adanya Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) maka akan semakin membantu tugas-tugas Pemerintah Daerah dalam menyajikan informasi terutama terkait dengan perencanaan dan penatausahaan keuangan daerah. Dengan begitu diharapkan dapat mewujudkan Pemerintahan Daerah yang akuntabel, efektif & transparan. Harapan ini disampaikan Sekda Kota Medan, Ir.Wiriya Alrahman,MM ketika mewakili Plt Wali Kota Medan, Ir.H.Akhyar Nasution,M.Si usai mengikuti dan menyaksikan Launching Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) 2020 dari ruang Command Center, Kantor Walikota Medan, Senin (28/12). 

"Kita menyambut baik kehadiran SIPD ini, sebab akan sangat mempermudah kita dalam membantu menyusun perencanaan dan penatausahaan keuangan, sehingga pekerjaan akan lebih efisien, karena selama ini perencanaan dilakukan menggunakan e-planning sedangkan penatausahaan keuangan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) milik BPKP," kata Sekda yang hadir menyaksikan Launching SIPD tersebut didampingi Kepala Bappeda Kota Medan, Irwan Ritonga dan Kepala BPKAD, T.Ahmad Sofyan.

Disamping itu Sekda juga mengungkapkan bahwa dengan adanya SIPD maka data perencanaan dan penatausahaan keuangan cukup sekali input saja karena sudah terintegrasi. Oleh karenanya diharapkan sistem ini yang dapat berjalan dengan optimal.

"Untuk perencanaan sampai ke penyusunan APBD memang sudah dilakukan. Hanya penatausahaan keuangan yang harus segera direalisasi di awal tahun 2021. Semoga semua bisa berjalan sempurna dan pekerjaan semakin efisien," ungkapnya. Sementara itu, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI, Mochamad Ardian usai melakukan launching SIPD mengungkapkan bahwa SIPD berfungsi memfasilitasi transaksi keuangan sekaligus informasi daerah. Dengan demikian, akan lebih mudah merekam dan mehimpun data serta pengawasaan terhadap APBD.

"Setelah dilaunchingnya sistem ini, seluruh pemda di Indonesia harus merubah kebiasaan dalam menginput data terutama penatausahaan keuangan. Selain itu, SIPD juga diharap menjadi instrumen untuk mengetahui pengeloaan APBD yang lebih transparan, akuntabel, efisien dan efektif," harap Ardian.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan