Pastikan Disiplin Protokol Kesehatan, Tim Satgas Covid-19 Kota Medan Kunjungi Sejumlah Gereja

dibaca 483 pembaca

Pastikan Disiplin Protokol Kesehatan, Tim Satgas Covid-19 Kota Medan Kunjungi Sejumlah Gereja

Tim Satgas Covid-19 Kota Medan mengunjungi sejumlah Gereja di Kota Medan, Kamis (24/12) Malam. Kunjungan yang dilakukan di malam Perayaan Natal ini guna memastikan jalannya Protokol Kesehatan (Prokes) di saat umat Nasrani sedang melakukan ibadah Natal agar terhindar dari penyebaran Virus Covid-19.



Sebelum melakukan pemantauan, Tim Satgas Covid-19 Kota Medan melakukan Apel di Lapangan Merdeka yang dipimpin Sekretaris Pol PP Rakhmat Adi Syahputra Harahap. Hadir dalam Apel tersebut Plt Kabag Agama Setda Kota Medan, Agus Mariono. Dalam arahannya Sekretaris Pol PP mengatakan Kegiatan ini kita hanya melakukan pemantauan penerapan Protokol Kesehatan di Gereja- gereja di Kota Medan.



"Malam ini merupakan Malam Perayaan Natal bagi Umat Nasrani. Untuk itu kita melakukan pemantauan guna memastikan Penerapan Protokol Kesehatan. Di saat nanti di gereja, saya berharap tim tidak mengganggu ibadah Natal yang sedang berlangsung", kata Rakhmat.



Adapun prokes yang harus dilaksanakan sebagai adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi Covid 19 sesuai dengan Perwal Nomor 27 Tahun 2020 yakni memakai masker, mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer dan menjaga jarak.



Usai Apel Tim Satgas Covid-19 Kota Medan, dikoordinir Plt Kabag Agama Setda kota Medan, melakukan kunjungan ke Gereja HKBP Sudirman, di Jalan Sudirman. saat tiba di Gereja, Tim Satgas diterima Pengurus Gereja dan langsung melihat kondisi didalam gereja. Dari hasil pemantauan, Di Gereja HKBP Sudirman, Pihak Gereja dan Jemaat sudah menerapkan Protokol Kesehatan. Selain itu Jumlah Jemaat yang hadir dalam Ibadah malam Natal juga dibatasi, dari Jumlah Jemaat 1.000 orang, hanya 250 Orang yang hadir.

Kemudian Tim Satgas Covid-19 Kota Medan melanjutkan pemantauan di Gereja GPIB Immanuel di Jalan Diponegoro. Saat tim tiba dan disambut Pengurus Gereja, prosesi ibadah Natal sudah selesai. Selanjutnya Agus Mariono menanyakan Kepada Pengurus Gereja terkait penerapan Protokol Kesehatan di Gereja tersebut. Disamping Penerapan Protokol Kesehatan, Jemaat yang hadir dalam ibadah Natal hanya 200 orang, selebihnya 600 Jemaat melakukan ibadah secara Virtual.



Selanjutnya Tim Satgas Covid-19 bergerak menuju Gereja GKI Sumut di Jalan Zainul Arifin. Digereja tersebut tim juga menemui Pengurus Gereja guna memastikan Penerapan Protokol Kesehatan. Dari Jumlah 1.000 Jemaat, hanya 70 Jemaat yang hadir dalam Ibadah malam Natal. Kemudian Di Gereja HKBP Pabrik Tenun, tim juga memastikan Penerapan Protokol Kesehatan di Gereja tersebut. Terlihat Gereja menyediakan tempat mencuci tangan dan Jemaat juga menjaga jarak serta memakai Masker.



Plt Kabag Agama Setda kota Medan Agus Mariono usai melakukan pemantauan, mengatakan Kegiatan ini dilakukan Tim Satgas Covid-19 Kota Medan untuk melihat Pelaksanaan Protokol Kesehatan di Gereja - Gereja. Dari hasil pemantauan, Agus mengungkapkan Para Jemaat sudah menerapkan 3 M, yakni Memakai Masker, Menjaga Jarak dan mencuci Tangan. Selain itu Pihak Gereja juga telah menyediakan Tempat mencuci tangan, Sanitizer maupun penyediaan Masker bagi Jemaat.



"Kita melihat Pihak Gereja sudah sangat baik menerapkan Protokol Kesehatan, Diantaranya penyediaan tempat cuci tangan yang sudah tidak memerlukan sentuhan hanya dipijak sudah dapat berfungsi. Selain itu penggunaan masker dan jarak jemaat juga sudah diatur agar dapat mencegah penyebaran Virus Covid-19. Pada Jemaat yang hadir juga dibatasi sebagian Jemaat mengikuti Ibadah Natal melalui Virtual ", jelas Agus.




Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan