Tim Satgas Covid-19 Kota Medan Imbau Penumpang Di Pool Angkutan Disiplin Prokes

dibaca 406 pembaca

Tim Satgas Covid-19 Kota Medan Imbau Penumpang Di Pool Angkutan Disiplin Prokes

Tim Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Medan memberikan imbauan untuk mentaati Protokol Kesehatan (Prokes) kepada warga ataupun penumpang yang sedang berada di Pool Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Rabu (23/12). Imbauan ini dilakukan guna memastikan penegakan Peraturan Wali Kota Medan (Perwal) Nomor 27 Tahun 2020 mengenai Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Masa Pandemi Covid-19. 

Pool Angkutan AKAP yang dikunjungi Tim Satgas Covid-19 Kota Medan diantaranya Pool yang berada di Jalan Jamin Ginting, Simpang Pos, Pool Bus di Jalan Gagak Hitam/ Ring Road dan Terminal Pinang Baris. Tim yang dipimpin Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan dan Penyuluhan Satpol PP Kota Medan Irfan Pane ini kemudian menghimbau warga untuk mentaati Prokes sebagaimana diatur dalam Perwal tersebut.

Adapun prokes yang harus dilaksanakan sebagai adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi Covid-19 ini yakni memakai masker, mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer dan menjaga jarak. Satu persatu Penumpang yang kedapatan tidak memakai diingatkan untuk memakai masker, jika pengunjung tersebut tidak membawa masker maka tim langsung mengarahkan pengunjung tersebut untuk keluar dari Lapangan Merdeka. Hal ini dilakukan guna mencegah penularan Covid 19.

Usai memberikan imbauan kepada warga, Kasi Pembinaan dan Penyuluhan Satpol PP Kota Medan Irfan mengatakan bahwa kegiatan ini bersifat imbauan tidak ada melakukan penindakan, hanya melihat sejauh mana kepatuhan masyarakat dalam menaati prokes yang telah ditetapkan pemerintah sebagai adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi Covid-19 saat ini.

"Jadi ini bersifat imbauan, kita tidak melakukan penindakan. Kita hanya ingin melihat kepatuhan masyarakat khususnya para penumpang di Pool Angkutan AKAP dalam menjalankan prokes yang 3M ini yakni memakai masker, mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer sebelum dan sesudah beraktivitas serta menjaga jarak. Sehingga kita dapat bersama-sama segera mengakhiri penyebaran virus ini jika kita patuh menjalankan prokes," kata Irfan.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan