Satgas Penanganan Covid-19 Medan Awasi Penerapan Protokol Kesehatan di Restoran

dibaca 486 pembaca

Satgas Penanganan Covid-19 Medan Awasi Penerapan Protokol Kesehatan di Restoran

Satgas Penanganan Covid-19 Medan terus gencar mendisiplinkan masyarakat maupun pelaku usaha agar mematuhi protokol kesehatan pada kondisi pandemi Covid-19. Selasa (22/12) tim yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Pariwisata, BPBD, Dinas Komunikasi dan Informatika, serta kecamatan Medan Timur itu melakukan sosialisasi sekaligus pengawasan di restoran-restoran yang berada di Center Point Mall.


Di awal aksi, Sekretaris Satpol PP, Rahmat Harahap, dengan persuasif memberi pengertian kepada pihak manajemen Center Point Mall, bahwa kegiatan ini dilakukan agar protokol kesehatan dapat berjalan dengan baik di tempat tersebut. “Ini demi keselamatan kita bersama,” ucapnya.


Saat itu pihak manajemen meminta agar jumlah personil tim yang melakukan pengawasan dibatasi agar tidak mengganggu pengunjung. Rahmat berusaha memahami dan membatasi jumlah personil yang masuk ke lokasi Mall itu sebanyak 12 orang.


Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, tim pun masuk ke Center Point Mall. Restoran yang pertama didatangi adalah Nelayan Cafe. Di restoran ini, tim menyaksikan pengelola tidak menata kursi dan meja sesuai dengan protokol kesehatan. Penataan kursi dan meja pengunjung tidak memperhitungkan jarak. Jarak antarmeja dan kursi pun sangat dekat.


Tim pun memberi peringatan kepada para manajemen restoran. Saat itu tim juga meminta agar pengelola menata meja dan kursi pengunjung agar sesuai dengan protokol kesehatan sebagaimana yang diatur oleh Peraturan Wali Kota Medan (Perwal) No. 27/2020 tentang Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pada Kondisi Pandemi Covid -19.

Dari Nelayan Cafe, tim pun kembali bergerak ke restoran Sushi Tei, Fish & Co, dan Okinawa Sushi. Di ketiga restoran ini tim mengecek kepatuhan pengusaha dalam menerapkan protokol kesehatan, baik itu penyediaan fasilitas cuci tangan, pengecekan suhu tubuh serta pemberian masker kepada pengunjung yang datang tanpa mengenakan masker.


Dari seluruh restoran yang didatangi ditemukan masalah pengaturan meja dan kursi pengunjung yang belum mengindahkan soal jaga jarak.


Tim pun memberikan penjelasan secara persuasif dan menekankan kepada pengelola agar mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan usahanya.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan