Peringati Hari Ibu, TP PKK Kota Medan Gelar Rapid Test Gratis Bagi Kaum Perempuan

dibaca 336 pembaca

Peringati Hari Ibu, TP PKK Kota Medan Gelar Rapid Test Gratis Bagi Kaum Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke - 92 tahun 2020, Tim Penggerak PKK Kota Medan menggelar kegiatan Rapid Test Gratis bagi perempuan khususnya Kader TP PKK. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Dharma Wanita Kota Medan tersebut diikuti oleh sekitar 105 orang yang merupakan Kader TP PKK perwakilan dari 21 Kecamatan se-Kota Medan.


Dengan melibatkan tim dari Dinas Kesehatan Kota Medan, kegiatan tersebut mendapatkan respon yang sangat baik dari para pengurus TP PKK Kota Medan, TP PKK Kecamatan dan Kelurahan. Dengan menerapkan protokol kesehatan, mereka yang akan di Rapid Test rela antri menunggu giliran dipanggil.


Sesuai nomor urut, satu-persatu peserta yang dipanggil oleh petugas Dinas Kesehatan yang berpakaian APD melakukan Rapid Test. Setelah selesai, kemudian peserta menunggu hasilnya dan langsung bisa pulang.


Plt Ketua TP PKK Kota Medan, Hj. Nurul Khairani Akhyar yang hadir langsung dalam kegiatan tersebut menjelaskan Rapid Test gratis bagi perempuan Kader TP PKK Kota Medan ini bertujuan untuk menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Medan. Karena untuk memperingati Hari Ibu tahun 2020, rapid test dikhususkan bagi para perempuan seperti para anggota TP PKK.


“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari TP PKK pusat supaya TP PKK Daerah turut berpartisipasi didalam mencegah penyebaran covid-19. Artinya TP PKK Kota Medan juga ikut berperan dalam penyebaran virus Covid-19. Sedangkan untuk hasilnya nanti akan langsung diumumkan,” Kata Nurul Khairani Akhyar.


Menurut Nurul Khairani Akhyar, Rapid Test gratis ini dikhususkan bagi kader PKK perempuan. Sebab para Kader sebagai garda terdepan pelayanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Oleh karenanya dengan Rapid Test gratis ini diharapkan masyarakat semakin paham akan arti pentingnya menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh.


"ibu adalah garda terdepan di keluarga dan masyarakat maka harus memastikan serta memperhatikan kondisi kesehatannya. Saya berharap Ibu-ibu jangan putus asa dan selalu berdoa semoga Allah SWT segera mengangkat wabah ini dan melindungi keluarga, orang disekitar kita dan tentunya masyarakat Kota Medan", jelas Plt Ketua TP PKK Kota Medan.


Selanjutnya Nurul Khairani Akhyar berpesan kepada seluruh Kader TP PKK dan kaum perempuan Kota Medan agar menjadi agen di lingkungannya dengan Selalu mengikuti protokol kesehatan, yang paling penting adalah jaga jarak, cuci tangan menggunakan sabun dan memakai masker (3M). Karena saat ini penyebaran dan penularan Covid-19 masih ada dan begitu cepat.


Dalam kesempatan tersebut, Plt Ketua TP PKK Kota Medan didampingi Perwakilan Dinas Kesehatan dan Perwakilan Dinas kadis P3APM, dan Pengurus TP PKK meninjau langsung proses Rapid Test Gratis bagi Kaum Perempuan khususnya Kader TP PKK. Selain itu Nurul Khairani Akhyar juga memberikan motivasi kepada tenaga medis dan kader yang di Rapid Test.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan