Sekretariat Satu Data Indonesia Kunjungi Data Center Dinas Kominfo Medan

dibaca 179 pembaca

Sekretariat Satu Data Indonesia Kunjungi Data Center Dinas Kominfo Medan

Sekretariat Satu Data Indonesia (SDI) melakukan kunjungan ke Data Center Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Medan, Jumat (23/10). Selain melakukan sosialisasi, mereka ingin memastikan kesiapan infrastruktur Pemko Medan terhubung dengan portal Satu Data Indonesia.

Kedatangan rombongan Sekretariat SDI yang dipimpin Manager Bidang Aplikasi dan Teknologi Sekretariat Satu Data Indonesia Tingkat Pusat Kementerian PPN/Bappenas, Ericson Thomas, disambut oleh Kadis Kominfo Medan, Zain Noval, S.STP., M.AP diwakili Kabid Statistik dan Informasi Publik, Drs. Harunsyah, M.AP didampingi Kasi Pengembangan dan Pengelolaan Aplikasi, Lamhot Simamora dan Kasi Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Sebelum melakukan peninjauan ke ruang Data Center dilakukan pemaparan dari pihak Sekretariat SDI maupun Dinas Kominfo Medan. Dalam paparannya, Ericson Thomas menyampaikan tentang empat prinsip SDI. Dia merincikan, prinsip Satu Standar mengatur metodologi yang meliputi konsep definisi, cakupan, klasifikasi, ukuran, dan satuan

Ericson juga menjelaskan tentang prinsip Meta Data yang mengharuskan informasi terstruktur yang berfungsi untuk menjelaskan isi dan sumber data sehingga dapat mudah untuk ditemukan, digunakan, atau dikelola kembali.

Prinsip Inter Operabilitas, lanjutnya, merupakan kemampuan data untuk dipertukarkan dan dibagipakaikan antarinstansi yang saling berinteraksi. Sedangkan prinsip Referensi Data yakni data yang digunakan harus menggunakan kode referensi.

Dia juga menjelaskan tujuan implementasi Portal Satu Data Indonesia, yakni untuk melaksanakan mandat dari Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019. Selain itu, portal ini juga untuk mendukung agenda transformasi digital Indonesia, transparansi layanan publik, dan perbaikan konektivitas data antarinstansi pemerintah.

Saat itu, Kabid Statistik dan Informasi Publik Dinas Kominfo Medan, Drs. Harunsyah, M. AP secara bergantian dengan Kasi Pengembangan dan Pengelolaan Aplikasi, Lamhot Simamora, S.Kom dan Penganalis Data, Juang Akbar Harahap, memaparkan tentang Data Center Pemko Medan, termasuk soal fasilitas dan operasionalisasinya.

Selain itu, Juang juga memberikan penjelasan soal Pengelolaan Sumber Daya Informasi di Dinas Kominfo. Disebutkannya ada tiga pilar utama pengelolaan sumber daya informasi yakni manusia, infrastruktur, dan jaringan.

“Ketiga sumber inilah merupakan sumber daya dalam pengelolaan Data Center,” ungkapnya.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan