Pemko Medan Siap Laksanakan Program Satu Data Indonesia

dibaca 94 pembaca

Pemko Medan Siap Laksanakan Program Satu Data Indonesia

Pemko Medan siap melaksanakan kebijakan program Satu Data Indonesia sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019. Hal ini dinyatakan Kepala Bappeda Medan, Ir. Irwan Ritonga, M. Si. dalam kegiatan Sosialisasi Satu Data Indonesia di Pemko Medan yang digelar Sekretariat Satu Data Indonesia, Kamis (22/10) secara virtual di Ruang Command Center Kantor Wali Kota Medan.

Turut hadir memberikan pemaparan dalam kegiatan itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Medan, Zain Noval, S.STP., M. A. P., dan Staf Ahli Pemerataan dan Kewilayahan, Koordinator Sekretariat SDI Kementerian PPN/Bappenas, Oktorialdi, Ph. D.

Pada kegiatan yang juga diikuti Kepala BPS Medan, Enny Nuryani dan segenap perwakilan OPD di lingkungan Pemko Medan itu, Irwan Ritonga memaparkan, pengelolaan data pembangunan di Medan telah dimulai 2018 mengacu pada Permendagri Nomor 98 Tahun 2018 tentang Sistem Informasi Pembangunan Daerah. Peraturan itu mengamanatkan pemerintah daerah melakukan pemetaan, pengumpulan, pengisian, validasi, serta evaluasi data pembangunan daerah dengan menggunakan aplikasi Data Berbasis Elektronik.

Pada tahun 2019, lanjutnya, Pemko Medan telah membentuk Tim Koordinasi Pengelola Sistem Informasi Pembangunan Daerah Kota Medan. Tim ini bertugas melakukan pengumpulan, verifikasi, dan pengisian data pembangunan ke dalam aplikasi e-Database Kemendagri.

Irwan menyampaikan pula, dalam pengelolaan data di Kota Medan, Bappeda bertugas melakukan identifikasi kebutuhan data, mengoordinasikan produsen data, dan memvalidasi serta evaluasi data. Sedangkan Dinas Kominfo bertugas untuk mengoordinir produsen data dalam melakukan pengumpulan data serta melakukan verifikasi dan validasi data.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Medan, Zain Noval, S.STP., M. A. P., memaparkan tentang kesiapan Pemko Medan dari sisi infrastruktur. Selain Data Center, sebut Noval, infrastruktur yang telah dimiliki Pemko Medan adalah Command Center yang menjadi salah satu wujud pelayanan publik berbasis dalam jaringan (daring).

Selain itu, Command Center yang merupakan terobosan menuju Medan Smart City ini juga menjadi pusat pemaparan data yang sekaligus menjadi alat kontrol dan kajian dalam pengambilan kebijakan.

Commad Center ini, lanjut Noval, memiliki berbagai fasilitas, video wall monitor yang berfungsi untuk menampilkan data atau informasi lain terkait Pemko Medan melalui website Comman Center dan ATCS yang dapat dikontrol menggunakan PC yang ada di work station. Di samping itu, di Command Center ini juga terdapat Radio Station yang berfungsi mengirim dan menerima berita terkait kecamatan dan dinas di Medan secara lebih cepat dan akurat.

“Operator Command Center dan Radio dapat langsung berintegrasi untuk menindaklanjuti laporan masyarakat yang urgen dan harus segera ditangani, misalnya kebakaran dan bencana alam,” terang Noval seraya menambahkan Command Center ini beroperasi 24 jam.

Dalam sesi sosialisasi, Staf Ahli Pemerataan dan Kewilayahan, Koordinator Sekretariat SDI Kementerian PPN/Bappenas, Oktorialdi, Ph. D., menjelaskan secara rinci tentang Satu Data Indonesia. Dia menyebutkan, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019, Satu Data Indonesia dimaksudkan untuk mengatur penyelenggaraan tata kelola data yang dihasilkan oleh instansi pusat dan daerah untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan.

Dikatakannya, SDI ini menjadi acuan pelaksanaan dan pedoman penyelenggaraan tata kelola data. Di samping itu, memastikan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagipakaikan antarinstansi. SDI ini juga mendorong keterbukaan dan transparansi data serta mendukung sistem statistik nasional.

“Prinsip SDI memenuhi standar data dan metadata, interoperabilitas data, dan harus menggunakan kode referensi/data induk,” ungkapnya dalam acara yang diakhiri dengan tanya jawab itu.

Kegiatan Sosialisasi Satu Data Indonesia di Pemko Medan ini berlangsung sejak 21-23 Oktober 2020. Dijadwalkan, Jumat 23 Oktober Tim Sekretariat Satu Data Indonesia akan melakukan kunjungan ke Data Center Dinas Kominfo Medan untuk memastikan kesiapan sistem informasi dan infrastruktur teknologi informasi di Pemko Medan.




Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan