Satpol PP Medan Lancarkan Razia Masker di Pasar Petisah

dibaca 176 pembaca

Satpol PP Medan Lancarkan Razia Masker di Pasar Petisah

Pemko Medan melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melancarkan razia masker di kawasan Pasar Petisah, Rabu (21/10). Turut dalam tindakan penegakan disiplin protokol kesehatan ini Satpol PP Sumut dibantu dengan petugas Dinas Perhubungan Medan. Selain itu, petugas Satpol PP Medan juga melakukan pemantauan penerapan protokol kesehatan di instansi-instansi pemerintahan yang berada di kawasan kecamatan Medan Petisah, di antaranya Dinas Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana, Kantor Kelurahan Petisah Tengah, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan Kantor Kecamatan Medan Petisah. 

Di kawasan Pasar Petisah, petugas Satpol PP menjaring 12 warga yang tidak menggunakan masker, yang dua di antaranya merupakan supir angkutan umum. Sebanyak tiga warga mendapat sanksi penahanan KTP selama tiga hari dan sembilan orang yang tidak membawa kartu identitas itu mendapat hukuman menyanyi dan menghafal Teks Pancasila. Sedangkan di instansi pemerintahan sudah terlihat penerapan protokol kesehatan. Di setiap kantor itu, setiap orang pengunjung wajib memakai masker dan mencuci tangan serta diukur suhu tubuhnya. Sekretaris Satpol PP Medan, Rakhmat Adi Syahputra Harahap menyebutkan, razia ini merupakan salah satu upaya untuk menegakan disiplin protokol kesehatan, baik di kalangan masyarakat umum maupun ASN di jajaran Pemko Medan. 

“Kita ingin agar warga dapat meneladani ASN dalam penerapan protokol kesehatan, misal disiplin memakai masker dalam setiap aktivitas,” ucap Rakhmat. Rakhmat juga mengharapkan agar OPD di Medan, termasuk PD Pasar dapat menurunkan Satgas untuk mengawasi stakeholdernya dalam hal penerapan protokol kesehatan. Satpol PP, lanjutnya, siap memberikan dukungan pada OPD dalam memberikan sanksi jika Medan ada stakeholder OPD yang tetap melanggar protokol kesehatan setelah diberi  dua kali peringatan.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan