Pemko Medan Bangun Aplikasi Sistem Informasi Penanganan Covid-19 Kelurahan

dibaca 290 pembaca

Pemko Medan Bangun Aplikasi Sistem Informasi Penanganan Covid-19 Kelurahan

Pemko Medan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Medan membangun aplikasi Sistem Informasi Penanganan Covid-19 di Kelurahan se-Kota Medan. Aplikasi ini merupakan salah satu upaya penanganan Covid-19 dengan kelurahan sebagai ujung tombak. Uji coba aplikasi ini dilakukan selasa (13/10) secara dalam jaringan. Kegiatan ini diikuti seluruh kecamatan dan kelurahan se-Kota Medan. Turut hadir dalam acara ini Plt Kasubbag Perumusan Kebijakan, Evaluasi, dan Pelayanan Administrasi Bagian Pemerintahan Setdako Medan, Suluh A Harahap. 

Dalam sambutannya sebelum uji coba dilakukan, Suluh mengharapkan, agar setiap kelurahan dapat meng-up date data penanganan Covid-19 pada apllikasi yang telah dibangun oleh Dinas Kominfo Medan. Berbagai laporan pada aplikasi ini sangat bermanfaat dalam pengambilan kebijakan untuk penanganan Covid-19. Dia mengatakan, aplikasi yang dibangun ini  menegaskan kembali peran kelurahan sebagai ujung tombak dalam penanganan Covid-19 di Medan sebagaimana yang diarahkan oleh Pjs Wali Kota Medan, Ir. Arief Sudarto Trinugroho, M.T. 

Gunakanlah aplikasi ini dengan sebaik-baiknya, pakai bahasa yang sederhana dalam melaporkan permasalahan maupun saran. Selanjutnya, laporan kelurahan ini akan menjadi bahan pertimbangan untuk melahirkan langkah penanganan Covid-19,” ucapnya. Dalam uji coba itu, Kepala Seksi Pengembangan dan Pengelolaan Aplikasi Dinas Kominfo Medan, Lamhot Simamora, S.KOm., menerangkan secara rinci penggunaan aplikasi ini. Setiap operator kelurahan dapat memasukkan laporan di wilayahnya. 

Dan dalam aplikasi itu terdapat menu data input. Pada menu ini, Kelurahan bisa melaporkan setiap kegiatan yang dilakukan, permasalahan, saran, dan tindak lanjut aksi. Setiap kegiatan penanganan Covid-19 di kelurahan, lanjut Lamhot, dapat dilaporkan melalui aplikasi ini. Selain itu, operator juga dapat melihat data keseluruhan kegiatan di 151 kelurahan di Medan.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan