Pjs Wali Kota Pimpin Rapat Evaluasi Percepatan Penanganan Covid-19 di Medan

dibaca 120 pembaca

Pjs Wali Kota Pimpin Rapat Evaluasi Percepatan Penanganan Covid-19 di Medan

Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Medan, Ir. Arief Sudarto Trinugroho, M.T. memimpin Rapat Evaluasi Percepatan Penanganan Covid-19, Kamis (1/10) di Posko Gugus Tugas Gedung PKK Kota Medan. Dalam rapat yang diikuti camat dan kepala puskesmas se-Kota Medan, Arief mengingatkan, sebagai garda terdepan, pihak kecamatan agar memperkuat koordinasi dengan pihak puskesmas, termasuk dalam hal pendataan warga yang terpapar.

Selain itu, pihak kecamatan harus benar-benar memperhatikan data dari Dinas Kesehatan yang bersumber dari rumah sakit-rumah sakit. Harus dapat dipastikan pasien Covid itu warga Medan atau tidak, ujar Arief dalam rapat itu didampingi Sekda Medan, Ir. Wiriya Alrahman, M.M.


Pada rapat yang juga diikuti Plt Asisten Pemerintahan dan Sosial Setdako Medan, Renward Parapat, Wakil Ketua Tim Pengendalian Disiplin Protokol Kesehatan Mebidang, Kolonel. Inf. Azhar Muliyadi, dan dr. Restuti Hidayani Saragih dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut , Arief menambahkan, selanjutnya data yang telah diverifikasi itu disebarkan ke kelurahan dan kepala lingkungan untuk pemantauan.

Dari data ini pula, lanjut Arief, dapat diketahui mana warga yang dapat karantina mandiri di rumah maupun di tempat yang telah disiapkan oleh Pemko Medan. Hasil pemantauan lurah maupun kepala lingkungan itu harus dilaporkan seminggu sekali,tegas Arief. Selanjutnya, Arief mengatakan sesungguhnya Pemko Medan telah mempunyai perangkat peraturan baik dan begitu rinci yakni Perwal Nomor 11 Tahun 2020 tentang Karantina Kesehatan dan Perwal Nomor 27 tentang Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Kondisi Pandemi Covid-19 di Medan.

Selain itu, Dinas Kominfo Medan juga telah mempunyai aplikasi pendataan yang cukup baik, mulai dari tingkat kota, kecamatan, sampai kelurahan. Kita juga akan gas lagi Satgas-satgas di kecamatan, karena mereka bersama pihak puskesmas merupakan ujung tombaknya. Jadi semua berjalan, mulai dari Kelurahan, Kecamatan , Kota, dan berkoordinasi dengan provinsi, ucap Arief. Selanjutnya Arief mengatakan, sebagai Pjs Wali Kota Medan, selain bertugas memastikan Pilkada Medan berlangsung dengan sukses, juga untuk percepatan penanganan Covid-19. Karena iitu pula, selama dua hari ini dia menggelar rapat dengan pimpinan OPD dan camat serta kepala puskesmas.

Dia mengharapkan, jajaran di Pemko Medan dapat berperan memberikan sumbangsih terbaik dalam percepatan pIenanganan Covid-19. Kita semua adaah agen percepatan penanganan Covid-19,ucapnya seraya mengingatkan Covid-19 ini bukan saja berdampak pada bidang kesehatan, namun juga pada sosial dan ekonomi.




Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan