Pemko Medan Ikuti Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 Secara Virtual

dibaca 93 pembaca

Pemko Medan Ikuti Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 Secara Virtual

Pjs Wali Kota Medan Ir. Arief Sudarto Trinugroho MT, diwakili Asisten Umum Renward Parapat mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 secara virtual dari ruangan Command Center, Kantor Wali Kota Medan, Kamis (01/10). Upacara yang disiarkan secara langsung dari Monumen Pancasila Sakti ini dipimpin oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo.

Dalam Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini Hadir Wakil Presiden Maruf Amin dan juga para pejabat yang bertugas, mulai dari Ketua DPR Puan maharani, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Ketua MPR Bambang Soesatyo, lalu ada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makariem, serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy serta diikuti Seluruh Instansi Kementerian, lembaga dan Pemerintah Daerah secara Virtual.

Dengan tema Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila diisi dengan pembacaan Teks Pancasila oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. Kemudian Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti membacakan naskah Undang-Undang Dasar Negara RI 1945.

Selanjutnya pembacaan dan penandatanganan ikrar Pancasila dilakukan oleh Ketua DPR Puan Maharani dan upacara ditutup dengan doa yang dibawakan oleh Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy. Meskipun diselenggarakan di tengah pandemi, upacara tetap berlangsung khidmat.

Usai mengikuti kegiatan tersebut, Renward Parapat yang juga Plt Asisten Pemerintahan mengungkapkan bahwa upacara peringatan hari kesaktian pancasila kali ini tidak dilakukan sebagaimana tahun sebelumnya, mengingat kondisi pandemi Covid-19. Akan tetapi berdasarkan arahan Pjs Wali Kota Medan, Seluruh Warga kota Medan harus tetap bersemangat dalam memaknai Pancasila.

"Meskipun situasi pandemi yang saat ini terjadi mengharuskan seluruh masyarakat Kota Medan untuk patuh protokol kesehatan termasuk menjaga jarak, tidak menyurutkan semangat persatuan sebagaimana isi dari pancasila itu sendiri", kata Renward.

Renward juga menjelaskan di Kota Medan Pendidikan pancasila telah dilakukan dengan pembinaan idelogi pancasila di masing-masing sekolah, kegiatan tersebut tetap dilaksanakan secara daring untuk memupuk kesadaran sebagai warga negara Indonesia agar cinta pancasila dan cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia.



Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan