Ketua DPRD Serdangbedagai Berkunjung Ke Pemko Medan

dibaca 131 pembaca

Ketua DPRD Serdangbedagai Berkunjung Ke Pemko Medan

Ketua DPRD Serdangbegadai, M. Rizki Ramadan Hasibuan melakukan kunjungan kerja ke Pemko Medan untuk mengetahui lebih jauh tentang penanganan pandemi Covid-19 di Kota Medan, Rabu (16/9). Kedatangan legislator bersama rombongan ini diterima oleh Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si diwakili Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Purnama Dewi, di Ruang Rapat I Kantor Wali Kota Medan.

Dalam pertemuan itu, Purnama Dewi didampingi Kepala Badan Penanganan Bencana Daerah Medan, Arjuna Sembiring, Kadis Pendidikan, Adlan, dan beberapa pejabat di lingkungan Pemko Medan itu memaparkan dengan terang dan jelas berbagai hal yang dilakukan Pemko Medan dalam penanganan pandemi Covid-19.

Purnama menyampaikan, pada masa pandemi ini Pemko Medan telah mengeluarkan 2 produk hukum berupa Peraturan Wali Kota (perwal). Yang pertama Perwal Nomor 11 Tahun 2020 tentang Karantina Kesehatan dan Nomor 27 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Kondisi Pandemi Covid-19.

Pada Perwal 11 Tahun 2020, terang Purnama yang merupakan Ketua Tim Ahli Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Medan ini, Pemko medan mengatur dan mewajibkan masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan serta mengatur karantina kesehatan bagi warga yang terindikasi covid 19.

“Sedangkan pada Perwal Tahun 27 Tahun 2020 lebih kepada mempersiapkan masyarakat menjalani kehidupan pada era adaptasi kebiasaan baru,” lanjutnya seraya menambahkan, pada perwal tersebut untuk poin pendidikan/sekolah masih diatur dengan menggunakan pembelajaran jarak jauh (daring) guna menghindari terjadinya cluster sekolah.

Menambahi itu, Kepala Badan Penanganan Bencana Daerah Medan, Arjuna Sembiring mengatakan Pemko Medan juga menyediakan pemakaman khusus untuk pasien Covid-19 yang meninggal dunia di Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan. Saat ini lahan pemakaman itu telah terpakai seluas 50 persen.

“Kita membiayai seluruh kegiatan pemakaman itu dengan biaya sebesar lima juta rupiah setiap kegiatan pemakaman,” ujar Arjuna.

Ketua DPRD Serdangbedagai, Rizki Ramadan Hasibuan, mengungkapkan rasa terima kasihnya sambutan yang baik dan berbagai masukan dari Pemko Medan ini.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan