Akhyar Ikuti Seminar Urgensi Pokok-pokok Haluan Negara Sekaligus Serap Aspirasi Warga

dibaca 157 pembaca

Akhyar Ikuti Seminar Urgensi Pokok-pokok Haluan Negara Sekaligus Serap Aspirasi Warga

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si mengikuti Seminar tentang Urgensi Pokok-Pokok Haluan Negara di Marelan Hall, Jalan Marelan Pasar IV, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Minggu (13/9).

Selain menyosialisasikan tentang Pokok-Pokok Haluan Negara, seminar yang menghadirkan anggota MPR-DPR RI Komisi III Romo H R Muhammad Syafii, S. H., M.Hum ini juga bertujuan menyerap aspirasi masyarakat Turut hadir dalam kegiatan ini Anggota DPRD Medan H Surianto, Camat Medan Marelan M. Yunus, para tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat Medan Marelan.

"Menjadi sebuah kehormatan bagi saya bisa hadir dan ikut dalam kegiatan ini. Apalagi dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat. Terima kasih atas kesempatan ini. Sebab, ini menjadi wujud dan tanggung jawab kita hadir di tengah-tengah masyarakat sekaligus wadah bersama untuk menyikapi dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat," kata Akhyar.

Di hadapan masyarakat yang menyampaikan aspirasinya, Akhyar mengatakan segala masukan dan keluhan akan ditindaklanjuti oleh Pemko Medan. Salah satu persoalan yang menjadi perhatian yakni penanganan banjir, sehingga masyarakat tidak terganggu dan tetap merasa aman dan nyaman.

"Tantangan di wilayah Medan Utara ini memang sangat kompleks dan luar biasa. Tapi, saya bersama jajaran Dinas Pekerjaan Umum telah berkeliling dan melakukan pengecekan untuk mencari sebab terjadinya. Insya Allah, perbaikan akan kita kita lakukan. Kami mohon masyarakat bersabar apalagi melihat kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda sehingga mengharuskan kita melakukan realokasi dan refocusing anggaran," jelasnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa saat ini kantor lurah telah menyediakan fasilitas wifi untuk mendukung sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). "Saat ini kami memang belum mengizinkan sistem belajar tatap muka dilakukan, mengingat pandemi Covid-19 masih menghantui kita," ungkapnya seraya mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan terutama menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah.

Dari sisi pendidikan, Akhyar mengaku bahwa Pemko Medan juga telah menyiapkan bantuan intensif bagi para guru honorer sesuai masa kerjanya baik yang bertugas di sekolah negeri maupun swasta. "Bantuan tersebut telah berjalan. Di samping itu kita juga memberi bantuan bagi masyarakat pekerja sosial seperti guru mengaji dan penggali kubur," paparnya.

Sebelumnya, anggota MPR-DPR RI Komisi III Fraksi Partai Gerindra Romo H R Muhammad Syafii SH MHum mengungkapkan bahwa kegiatan aspirasi masyarakat menjadi salah satu kewajiban dan tugas sebagai wakil rakyat di DPR-MPR RI untuk mendengar dan menyerap aspirasi masyarakat untuk dibawa dan dibahas di tingkat pusat.

Selanjutnya, Romo menyampaikan materi terkait urgensi pokok- pokok haluan negara. Selain itu juga membahas tentang RUU Ideologi Pancasila sehingga kini dapat dimengerti oleh masyarakat serta kondisi negara, sebab akibat dan dampak yang dirasakan akibat terpaan pandemi Covid-19 yang hingga saat ini tidak dapat diprediksi kapan akan berakhir.

"Terima kasih untuk kehadiran Bapak Plt Wali Kota. Insha Allah, seluruh aspirasi, aduan dan keluhan yang disampaikan akan kami koordinasikan dan tindaklanjuti baik itu bersama Pemko Medan maupun di tingkat pusat. Sebab, upaya ini kita lakukan guna memberikan manfaat bagi masyarakat, termasuk di kecamatan Medan Marelan," ungkap Romo.




Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan