Zakat Plt Wali Kota dan ASN Pemko Medan Disalurkan Baznas Ke Ustadz dan Ustadzah

dibaca 340 pembaca

Zakat Plt Wali Kota dan ASN Pemko Medan Disalurkan Baznas Ke Ustadz dan Ustadzah

Setelah menerima Zakat Dari Plt Wali Kota Medan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Medan menyalurkan zakat tersebut kepada 728 Ustadz dan Ustadzah se-Kota Medan. Selain itu, zakat yang juga berasal dari Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Medan disalurkan Baznas ke 50 Qori dan Qoriah yang tergabung dalam Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Medan.

Penyaluran Zakat sejumlah 389 Juta Rupiah yang dilaksanakan di Aula Masjid Taqwa Muhammadiyah, Jalan Mustafa, Medan Timur, Kamis (21/5) ini dihadiri langsung Plt Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si. Dalam kesempatan ini, Plt Wali Kota Medan yang hadir didampingi Asisten Umum, Renward Parapat, Kepala BKD, Muslim Harahap, dan Kabag Agama, Adlan secara simbolis menyerahkan Zakat kepada 5 Ustadz.

Dihadapan Ketua Baznas Kota Medan, Drs. H. Azwar dan komisioner Baznas Kota Medan diantaranya Palit Muda Harahap, H. Sangkot Saragih, H. Hermanto dan H. Suadi Lubis, Akhyar mengungkapkan bahwa zakat yang diberikan dan disalurkan kepada para mustahik (orang yang menerima zakat) melalui Baznas Kota Medan tersebut dapat bermanfaat dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup mustahik terlebih jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H.

"Zakat yang diserahkan merupakan hasil zakat beserta seluruh pejabat di lingkungan Pemko Medan. Penentuan pemberian zakat seluruhnya dipercayakan dan diserahkan kepada Baznas Kota Medan untuk disalurkan. Artinya Pemko Medan percayakan sepenuhnya kepada Baznas Kota Medan untuk menentukan mustahik yang akan menerima",kata Plt Wali Kota Medan.

Dalam kesempatan tersebut Plt Wali Kota Medan mengingatkan agar warga senantiasa mengikuti protokol kesehatan guna mencegah penularan Corona Virus Disease (Covid-19). Karena yang hadir disini semuanya Ustadz dan Ustadzah, Akhyar berharap pesan ini dapat disampaikan kepada jamaah agar bersama-sama kita putuskan rantai penyebaran Virus Covid-19

"Kita semua memahami kondisi yang saat ini kita hadapi. Dibutuhkan kerjasama dari kita semua untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 saat ini. Salah satunya yakni mengenakan masker. Sebab, hal ini dinilai efektif untuk melindungi kita dan orang lain", ungkap Akhyar

Sebelumnya, Ketua Baznas Kota Medan, H. Azwar menjelaskan bahwa zakat yang diserahkan kepada Ustadz dan Ustadzah serta Qori dan Qoriah ini merupakan zakat Plt Wali Kota dan Jajaran ASN Pemko Medan. Dengan total jumlah zakat sebesar 389 juta Rupiah.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Plt Wali Kota Medan dan Jajaran kepada Baznas untuk menyalurkan dan menentukan sepenuhnya penyaluran zakat ini. Zakat ini akan dibagikan kepada Ustadz dan Ustadzah serta Qori dan Qoriah selama 2 hari" kata Ketua Baznas.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan