Plt Wali Kota Medan Tinjau Gedung P4TK Yang Akan Dijadikan Tempat Karantina Covid-19

dibaca 68 pembaca

Plt Wali Kota Medan Tinjau Gedung P4TK Yang Akan Dijadikan Tempat Karantina Covid-19

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si meninjau langsung gedung P4TK yang akan dijadikan tempat karantina dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Kota Medan, Rabu (20/5).

Dalam tinjauanya tersebut Plt Wali Kota Medan yang hadir didampingi Asisten Administrasi Umum, Renward Parapat,ATD,MT, Kepala BPBD Kota Medan, Arjuna Sembiring, S.Sos,MSP, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, dr.Edwin Effendi, M.Sc Kepala Dinas Sosial, Ir. Endar Sutan Lubis, M.Si, Plt Balitbang, Purnama Dewi,MM dan Camat Medan Helvetia, Andy Mario Siregar,AP,S.Sos melihat langsung fasilitas gedung, dimana setiap kamarnya sudah dilengkapi dengan tempat tidur, lemari, meja, tv, penyejuk ruangan (ac), wifi, kursi dan fasilitas kamar mandi didalam kamar.

Dalam gedung ini pun nantinya akan dijaga oleh petugas yang bertugas melakukan pengamanan, pendaftaran, memberikan edukasi kesehatan dan pemeriksaan kesehatan. Petugas yang berjaga juga akan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

Usai melakukan peninjauan, Plt Wali Kota Medan mengatakan tempat karantina ini nantinya akan dihuni oleh kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP), Orang Tanpa Gejala (OTG), dan Pelaku Perjalanan (PP) yang tidak memungkinkan untuk melakukan karantina mandiri dirumah.

"Ini untuk orang-orang yang tidak dapat melakukan karantina dirumah karena rumahnya tidak layak, jadi selama menjalani karantina kebutuhan mereka setiap hari akan dipenuhi."kata Plt Wali Kota Medan.

Rencananya mulai besok, Kamis (21/5) tempat karantina ini sudah mulai digunakan. Sedangkan kurun waktu masa karantina akan ditentukan oleh dokter yang bertugas.

"Selama menjalani karantina mereka juga tidak diperbolehkan keluar begitu juga tidak dapat menerima tamu."ujar Plt Wali Kota Medan.

Tidak lupa Plt Wali Kota Medan juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap mengikuti protokol kesehatan dengan wajib menggunakan masker, menjauhi tempat keramaian dan rutin mencuci tangan menggunakan sabun. Sebab dikatakan Plt Wali Kota Medan lagi saat ini menyebaran covid-19 di kota Medan sudah memasuki ke tahap komunitas-komunitas masyarakat (community transmision)

"Jadi saat ini penyebarannya sudah krisis, tidak lagi local transmision tetapi sudah community transmision, karena itu saya himbau masyarakat wajib menggunakan masker, menjauhi tempat-tempat keramaian dan rutin mencuci tangan."himbau Plt Wali Kota Medan.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, dr.Edwin Effendi,M.Sc menjelaskan saat ini sudah disiapkan 250 kamar, hal ini untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat yang ingin di karantina.

"Kita menyediakan tempat yang nyaman bagi mereka yang akan menjalani karantina, mereka akan menempati satu kamar satu orang, semua kebutuhan juga akan dipenuhi."jelas Edwin Effendi.

"Mulai besok tempat karantina ini sudah mulai ditempati, diperkirakan 20 orang setiap hari nya akan mulai memasuki tempat ini."lanjut Edwin lagi.




Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan