Kepala Bappeda Kota Medan Ikuti Musrembangnas Tahun 2020 Secara Virtual

dibaca 386 pembaca

Kepala Bappeda Kota Medan Ikuti Musrembangnas Tahun 2020 Secara Virtual

Plt Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si diwakili Kepala Bappeda Kota Medan, Ir. Irwan Ritonga, M.Si mengikuti musrembangnas 2020 melalui ruang Command Center Kantor Wali Kota Medan, Kamis (30/4).

Musrenbangnas tahun 2020 yang dilakukan secara virtual ini dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Dalam sambutannya tersebut Presiden Joko Widodo meminta semua jajaran dapat bekerja keras dan cepat agar nantinya 2021 Indonesia kembali pulih. Presiden juga mengatakan 2021 merupakan tahun pemulihan ekonomi. Artinya rencana pembangunan di tahun 2021 harus betul-betul direncanakan sesuai dengan kondisi saat ini.

"Saya optimis tahun 2021 adalah tahun recovery untuk kita."kata Presiden.

Presiden juga mengingatkan kepada seluruh jajaran agar menyiapkan diri dengan berbagai skenario untuk menghadapi kemungkinan hal terberat yang terjadi.

"Saya yakin dengan langkah yang tepat maka kita dapat melalui situasi ini."ujar Presiden.

Dalam situasi seperti ini, lanjut Presiden lagi, maka bisa dilihat potensi dalam negeri yang belum maksimal sehingga perlu di tingkatkan seperti sektor kesehatan dan industri sehingga tidak ketergantungan terhadap impor.

"Kita perlu melihat kembali apa yang perlu kita reformasi dan kita pulihkan,"kata Presiden lagi.

Terakhir Presiden meminta kepada setiap kepala daerah untuk mendata secara detail industri yang terdampak covid-19. Kepala daerah juga diminta merancang strategi agar ekonomi kembali normal.

"Identifikasi detail, memilah secara cermat sektor apa yang terkena dampak paling parah, sektor apa yang dampaknya sedang, dan sektor apa yang bertahan dan justru dapat mengambil peluang yang ada," ujarnya.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan