Pemko Medan Lakukan Sosialisasi Penggunaan Masker dan Menghindari Tempat Keramaian Kepada Warga Medan Marelan

dibaca 212 pembaca

Pemko Medan Lakukan Sosialisasi Penggunaan Masker dan Menghindari Tempat Keramaian Kepada Warga Medan Marelan

Pemko Medan melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan melakukan sosialisasi terhadap masyarakat Kecamatan Medan Marelan yang masih tidak menggunakan masker dan berkumpul di keramaian, Sabtu (18/4) malam.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan kesadaran bagi masyarakat akan pentingnya penggunaan masker dan menghindari tempat-tempat keramaian guna memutus mata rantai penyebaran virus corona disease 2019 (covid-19).

Sebelum melakukan sosialisasi, seluruh personil gugus tugas yang terdiri dari Satpol PP Kota Medan, Dinas Perhubungan Kota Medan, Dinas Kominfo Kota Medan, Dinas P2K Kota Medan, Dinas Pariwisata Kota Medan, aparatur Kecamatan, Kepling dan di bantu oleh Babinsa serta Bhabinkamtibmas terlebih dahulu melakukan apel gabungan yang dipusatkan di lapangan tanah 600 Kec. Medan Marelan yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Satpol PP Kota Medan, Rahmat Harahap, SSTP,M.AP.

Dalam apel tersebut Rahmat menegaskan kepada seluruh personil agar dapat menghimbau masyarakat untuk menggunakan masker, selain itu juga membubarkan masyarakat yang masih berkumpul di tempat-tempat keramaian, serta menindak pedagang yang masih melayani makan ditempat.

"kita memiliki tugas menyadarkan masyarakat di Medan Marelan ini agar tidak keluar rumah bila tidak ada keperluan, wajib menggunakan masker dan pedagang jangan lagi ada yang melayani makan di tempat harus take away untuk menghindari kerumunan orang, ini perlu kita tekankan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kecamatan ini, karena itu lakukan sosialisasi ini dengan cara yang satun dan humanis."kata Rahmat.

Dalam sosialisasi tersebut, tim menyisir jalanan Marelan hingga menuju ke perbatasan Kab. Deli Serdang, sepanjang penyisiran tim memberhentikan pengendara yang tidak menggunakan masker sekaligus menyuruh pengendara tersebut untuk pulang kerumah, selain itu masyarakat yang masih makan ditempat-tempat makan seperti warung dan restauran juga diminta untuk meninggalkan tempat dan membungkus makanan yang telah dipesan untuk dibawa pulang, sedangkan pedagang di peringatkan secara tegas agar tidak lagi melayani makan ditempat.

Mendengar hal tersebut pengunjung warung dan restauran bergegas meninggalkan tempat sedangkan pemilik warung dan restauran langsung menyusuni bangku-bangku agar tidak ada lagi yang makan ditempat.

Sembari melakukan sosialisasi, Dinas Kominfo Kota Medan melalui armada siaran kelilingnya juga terus menyampaikan berbagai himbauan terkait pencegahan penyebaran virus corona diantaranya jangan keluar rumah bila tidak ada keperluan yang mendesak, menjaga jarak aman, rajin mencuci tangan dan wajib menggunakan masker dimanapun berada.

Upaya ini sebut Rahmat akan terus dilakukan agar Kecamatan yang telah berada di zona merah dan kuning dapat dihijaukan kembali sehingga kota Medan tidak perlu menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).




Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan