Pandemi Covid-10 Akibatkan APBD Medan Terkoreksi Sebesar 40 Persen

dibaca 550 pembaca

Pandemi Covid-10 Akibatkan APBD Medan Terkoreksi Sebesar 40 Persen

Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Medan akan terkoreksi lebih kurang sebesar 40 persen untuk penanganan pandemi Covid-19. Selain adanya pengurangan sumber pendapatan, diantaranya Pendapatan Asli Daerah, juga karena ada mata anggaran harus direalokasi untuk penanganan pandemi ini.

Hal ini dikatakan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si di sela-sela pembagian masker yang digelar wartawan unit Pemko Medan, Jumat (17/4) sore persimpangan Jalan Ahmad Yani dan Balai Kota.

Koreksi ini, lanjut Akhyar, mengakibatkan banyaknya rencana program dan pekerjaan di Pemko Medan akhirnya terpaksa di-cancel.

“Banyak mata anggaran di cancel akhirnya. Jadi pekerjaan yang ada pun pekerjaan rutin, perawatan, supaya tidak semakin rusak,” ujarnya seraya mengajak semua pihak berdoa agar pandemi ini cepat berakhir sehingga kehidupan bisa normal kembali.

Dalam kegiatan yang dihadiri Camat Medan Barat, Rudi Faisal Lubis, Kabid Komunikasi Publik Dinas Kominfo, Saipul Amri, S.Sos, dan Kabag Humas Setdako Medan, Arrahman Pane itu, Akhyar juga mengungkapkan terima kasih dan apresiasinya pada segenap wartawan unit Pemko Medan yang telah menginisiasi pembagian masker ini. Dikatakannya, ini merupakan wujud dari semangat gotong royong dan gerakan bersama dalam menghadapi Covid-19.

Dia berharap agar wartawan dapat terus menumbuhkan kesadaran warga untuk displin dalam mengenakan masker, menjaga jarak fisik dan sosial, serta mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

“Masyarakat harus menyadari, sesungguhnya disaat pandemi masih berlangsung, pemakaian masker itu adalah kebutuhan. Bukan saja demi keselamatan diri sendiri, tapi juga keluarga, dan orang lain,” ungkap Akhyar yang juga mengungkapkan terima kasihnya kepada warga Medan sudah menyadari pentingnya memakai masker saat ini.

Ketua Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan, Muhammad Edy Ginting, mengatakan, kegiatan pembagian masker ini merupakan wujud partisipasi wartawan dalam melawan Covid-19.

Ginting menambahkan, kegiatan ini juga untuk mendukung Pemko Medan dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat memakai masker. “Semoga kesadaran masyarakat untuk memakai masker, termasuk menjaga jarak fisik dan sosial, mencuci tangan pakai sabun, terus meningkat. Dengan demikian, kian berharap dapat memutus rantai penyebaran Covid-19,” harapnya.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan