Pemko Medan Akan Bantu Masyarakat Yang Terdampak Covid-19 Diluar Yang Sudah Terdata Dalam DTKS

dibaca 400 pembaca

Pemko Medan Akan Bantu Masyarakat Yang Terdampak Covid-19 Diluar Yang Sudah Terdata Dalam DTKS

Pemerintah Kota Medan akan membantu masyarakat yang terdampak penyebaran corona virus disease 2019 (covid-19) di Kota Medan. Masyarakat yang menerima bantuan tersebut adalah masyarakat yang tidak masuk kedalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Hal ini terungkap saat Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si diwakili Sekda Kota Medan, Ir. Wiriya Alrahman, MM mengikuti video conference bersama dengan Sekda Provinsi Sumatera Utara dan Sekda dari Kab/Kota lainnya se-Sumut terkait dengan kesiapan penanganan jaring pengaman sosial, melalui ruang command center Kantor Wali Kota Medan, Jumat (17/4).

Didampingi Kepala Dinas Sosial, Endar Sutan Lubis, dan Kepala Bappeda, Irwan Ritonga, Sekda Kota Medan mengatakan bahwa melalui vidcom tersebut Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan memberikan bantuan kepada masyarakat Sumatera Utara yang masuk kedalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) namun belum menerima bantuan dari Pemerintah Pusat. Sedangkan bagi masyarakat yang terdampak covid-19 namun tidak termasuk kedalam DTKS maka menjadi tanggung jawab dari Pemerintah Kab/Kota.

"Artinya Pemko Medan hanya akan memberikan bantuan kepada masyarakat di luar dari yang sudah di data oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Sumatera Utara."kata Sekda.

Hingga saat ini, lanjut Sekda lagi Dinas Sosial Kota Medan sudah melakukan pendataan dan segera melakukan verifikasi data yang diperoleh dari Kecamatan dan Kelurahan.

"Jadi kami akan melakukan verifikasi kembali ke Kecamatan dan Kelurahan apakah betul masyarakat ini di luar dari DTKS dan terkena dampak penyebaran Covid-19, apabila nantinya ditemukan data yang ganda maka ini menjadi tanggung jawab Lurah dan Camat."tegas Sekda.

Sebelumnya Sekda Provinsi Sumatera Utara, Dr. Ir. R. Sabrina, M.Si dalam vidcom tersebut menyampaikan bahwa vidcom ini bertujuan untuk menyesuaikan data masyarakat Provinsi Sumut yang akan menerima bantuan baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kab/Kota.

"kita akan menyesuaikan data masyarakat yang menerima bantuan baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kab/Kota agar tidak terjadi tumpang tindih sehingga semua masyarakat yang terhimbas dampak penyebaran covid-19 dapat tercover seluruhnya."jelas Sabrina.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan