Pemko Medan Apresiasi Yonmarhanlan I Belawan Beri Bantuan Kebutuhan Pokok Kepada Warga Terdampak Covid-19

dibaca 461 pembaca

Pemko Medan Apresiasi Yonmarhanlan I Belawan Beri Bantuan Kebutuhan Pokok Kepada Warga Terdampak Covid-19

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si mengungkapkan terima kasih dan apresiasi pada Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I Belawan yang membagikan 2.200 paket bantuan bahan kebutuhan pokok kepada masyarakat kurang mampu yang terkena dampak sosial ekonomi pandemi Covid-19.

“Atas nama Pemko Medan dan selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Medan, saya mengucapkan ribuan terima kasih kepada Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan I Belawan yang telah menunjukkan partisipasi aktif dalam penanganan dampak sosial ekonomi pandemi yang saat ini melanda dunia,” ucap Akhyar yang bertindak sebagai pimpinan apel penyerahan dan pemeriksaan bantuan bahan kebutuhan pokok yang berlangsung di halaman Markas Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan I Belawan, Selasa (14/4).

Dalam apel yang diikuti antara lain oleh LO Kodam Kolonel Marinir Arif, dan Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan I Belawan, Mayor Marinir Farick, dan perwakilan warga penerima bantuan itu, Akhyar juga mengungkapkan apresiasinya karena Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan I Belawan juga turut menyosialisasikan penggunaan masker, physical dan sosial distancing, serta cuci tangan pakai sabun yang merupakan upaya memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

Akhyar mengatakan, pandemi yang melanda dunia saat ini membawa dampak yang luar biasa bagi kehidupan. Saat ini 210 negara telah terpapar Covid-19 ini. Artinya, sampai sekarang, inilah merupakan pandemi terbesar yang pernah terjadi di bumi.

“Adalah tantangan kita bersama untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini, baik dari sisi medisnya maupun menangani dampak sosial ekonomi yang ditimbulkannya. Ini bukan pekerjaan yang ringan, namun kita harus tetap berikhtiar dengan keras dan terus berdoa. Jadikan ini sebagai ladang amal kita,” ucapnya.

Akhyar mengatakan, sampai Senin (13/4) jumlah pasien yang positif Covid1-19 di Medan ada 50 orang. Terjadi peningkatan jika dibandingkan pada Minggu (12/4) yang berjumlah 43 orang. Pasien terbanyak berasal dari Kecamatan Medan Selayang dan Tuntungan masing-masing 10 orang. Sedangkan di Belawan belum ada positif, namun jumlah Pasien Dalam Pengawasan meningkat.

Berkaitan dengan itu, Akhyar mendorong masyarakat untuk dispilin dalam menjaga jarak fisik dan sosial, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, serta menggunakan masker untuk memutuskan mata rantai penyebaran pandemi ini.

“Kalau kita tidak tertib dan disiplin, pandemi akan berkelanjutan dan merusak sendi-sendi kehidupan dan peradaban. Mari kita berjuang agar sendi-sendi kehidupan dan peradaban kita tidak rusak akibat pandemi ini,” ajak Akhyar.

Sebelumnya Akhyar yang tiba lokasi sekira pukul 09.00 WIB. Dia mengendarai mobil sendiri dan disambut Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan I Belawan, Mayor Marinir Farick. Sebelum pelaksanaan apel, Farick juga memakaikan jaket marinir kepada Akhyar. Usai apel, Akhyar secara simbolik menyerahkan bantuan kepada beberapa warga yang kurang mampu.

Jumlah bantuan yang disalurkan pada hari ini sebanyak 2.200 paket, yang masing terdiri dari 5 kg beras dan 1 kotak mi instan. Acara penyerahan bantuan ini juga menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan physical dan sosical distancing.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan