Akhyar Tinjau UMKM Pembuatan Masker di Medan Area

dibaca 1289 pembaca

Akhyar Tinjau UMKM Pembuatan Masker di Medan Area

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M. Si meninjau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jalan Seto, Kelurahan Tegal Sari II, Medan Area, Jumat (10/4). Para pelaku UMKM itu memproduksi masker yang sangat dibutuhkan di tengah pandemi Covid -19 yang tengah melanda dunia saat ini.   Dengan mengendarai mobil sendiri, Akhyar tiba di lokasi sekira pukul 14.30 WIB. Dia memasuki sebuah rumah yang memproduksi masker itu. Tempat pembuatan masker itu tidak begitu luas. Namun dengan menggunakan beberapa mesin jahit, mereka bisa memproduksi 300 - 500 masker per hari.  Kepada pelaku UMKM yang memproduksi masker ini, Akhyar menghaturkan terima kasih. Dia mengatakan, yang dilakukan para pembuat masker ini bukan saja sebuah usaha, namun juga ibadah. 

"Ini merupakan ladang amal Ibu, karena memang saat ini kebutuhan masker sangat tinggi," ucap Akhyar pada pelaku UMKM tersebut. Saat itu, Akhyar juga bertanya soal kendala yang dihadapi dalam memproduksi masker itu. Pengusaha UMKM itu pun mengeluhkan tentang ketersediaan bahan. 

"Sekarang sangat sulit mencari karet," keluhnya. Akhyar dapat memaklumi keluhan itu, namun dia mengingatkan agar pelaku UMKM itu tidak menyerah. Akhyar menyarankan, kalau memang karet sulit didapat, digantikan dengan tali yang terbuat dari kain. Setelah berdialog, Akhyar membeli semua produk masker buatan pelaku UMKM di Jalan Seto itu. Ada empat rumah pembuatan masker yang dikunjungi Akhyar. Salah satu dari dari pelaku UMKM itu bahkan telah mendapat pesanan masker dari Karimun, Batam, dan Palembang. 

Akhyar mengungkapkan apresiasinya pada kegigihan para pelaku UMKM ini. Dia berpesan agar para pembuat masker tersebut tetap memperhatikan kualitas masker yang dihasilkan di tengah banyaknya permintaan masker saat ini. Dalam kunjungan itu Akhyar menyosialisasikan pentingnya pengunaan masker. Dia mengatakan, masker mencegah penularan virus Covid-19 yang antara lain dapat masuk tubuh manusia melalui hidung dan mulut. Akhyar juga mengingatkan warga untuk disiplin dalam menjaga jarak fisik dan sosial serta mencuci tangan pakai sabun. Selain menyosialisasikan pentingnya penggunaan masker, Akhyar juga membagi-bagikan masker kepada warga. Saat itu Akhyar juga sempat mengingatkan kepada pengusaha pembuatan roti yang ada di Jalan tersebut, agar menyediakan kebutuhan masker bagi pekerjanya. 

"Kita minta semua pengusaha lain juga dapat menyediakan masker bagi pekerjanya," tegasnya.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan