Pemko Medan Gelar Sosialisasi Kewaspadaan Dini Masyarakat Fokuskan Mewabahnya COVID-19

dibaca 1026 pembaca

Pemko Medan Gelar Sosialisasi Kewaspadaan Dini Masyarakat Fokuskan Mewabahnya COVID-19

Pemerintah Kota Medan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Sosialisasi Kewaspadaan Dini Masyarakat di Hotel Garuda Plaza, Jalan Sisingamangaraja, Senin (16/3). Diharapkan Sosialisasi ini dapat meningkatkan kewaspadaan Dini untuk menangkal segala potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dengan meningkatkan pendeteksian dan pencegahan dini khususnya terhadap mewabahnya Virus Corona atau COVID-19 dan menghadapi Pilkada Medan 2020.

Sosialisasi Kewaspadaan Dini Masyarakat yang dibuka Plt Wali Kota Medan diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Ir. Purnama Dewi ini diikuti OPD Camat, dan Lurah Se-Kota Medan serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. Sebagai Narasumber, Hadir Kapolrestabes Medan diwakili Kasat Intelkam, AKBP Ahyan, Dandim 0201/BS diwakili Pasiter Mayor Inf Romy Sembiring dan Mewakili Kabinda Sumut, Wahyudi serta Kepala Kesbangpol Kota Medan.

Dikatakan Plt Wali Kota Medan dalam sambutannya yang dibacakan Purnama Dewi, banyak yang berpotensi menjadi ancaman dari luar negeri di masa depan Indonesia. Namun, ancaman sebenarnya juga banyak yang berasal dari dalam negara kita sendiri. Artinya ancaman yang nyata adalah terorisme, separatisme, korupsi dan disintegrasi bangsa termasuk penyalahgunaan Narkoba.

"Ancaman yang kini sedang kita hadapi yakni mewabahnya Virus Corona dan terasa sangat menyita perhatian bangsa dan Dunia. Selain itu penyebarannya begitu cepat sehingga kita sendiri turut kewalahan menghadapinya. Berbagai kegiatan juga mulai ditunda guna menekan angka warga yang positif Corona", kata Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik.

Menurut Purnama Dewi, jika ini terus kita biarkan berkembang di tengah masyarakat maka akan berdampak buruk kedepannya. Untuk itu peserta Sosialisasi agar dapat meningkatkan kewaspadaan kita sedari dini sebelum terlambat dan tetap ciptakan ketenangan di lingkungan masing-masing.

"Sesuai Arahan Plt Wali Kota Medan, Dinas Kesehatan bersamaan Camat, Lurah dan Kepala Lingkungan agar dapat melakukan Patroli kesehatan di seluruh wilayah Kota Medan guna memastikan setiap warga negatif dari COVID-19 atau jika ada yang terjangkit segera dapat ditangani. Selain itu seluruh Puskesmas juga dapat memberikan Penanganan pertama terhadap warga yang terjangkit", jelas Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik.

Selanjutnya Purnama Sari menjelaskan bahwa tingkat Kewaspadaan Dini Masyarakat juga harus diperhatikan dalam menghadapi Pilkada Medan tahun 2020. Artinya kita perlu memantapkan kepedulian terhadap ancaman -ancaman yang mungkin bisa terjadi, seperti berita-berita hoax, Ujaran kebencian melalui media sosial.

Sebelumnya Kepala Badan Kesbangpol, Sulaiman Harahap menjelaskan bahwa salah satu program badan Kesbangpol adalah menciptakan situasi dan kondisi masyarakat yang aman. Hal ini dapat diwujudkan dengan kesiagaan dan kewaspadaan masyarakat dari segala ancaman khususnya yang saat ini dengan mewabahnya Virus Corona. Selain itu kewaspadaan masyarakat juga harus ditingkatkan dalam menghadapi Pilkada Kota Medan tahun 2020.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan