BPBD Medan Gelar Aksi Susur Sungai Deli dan Gotong Royong

dibaca 1052 pembaca

BPBD Medan Gelar Aksi Susur Sungai Deli dan Gotong Royong

Pemko Medan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah menggelar susur dan bersih-bersih Sungai Deli, Rabu (11/3) di belakang Istana Maimun. Aksi bersih-bersih yang didukung oleh aparat TNI/Polri ini juga dilakukan di pinggiran sungai di kawasan Avros, Jalan Suka Mulia, dan Jalan Karya Cilincing.

Kegiatan ini membersihkan sungai sekaligus mengedukasi masyarakat, terutama yang tinggal di bantaran sungai untuk hidup bersih dan tak buang sampah sembarangan, juga sebagai bentuk pencegahan sekaligus tanggap bencana, terutama banjir.

Susur sungai dimulai dari Avros, belakang Istana Maimun, sampai dengan kawasan Sungai Deli di Jalan Karya Cilincing, Medan Barat. Sedangkan dalam aksi gotong royong, rumput ilalang yang mulai menyemak di belakang Istana Maimun dibersihkan. Untuk mendukung pekerjaan itu, Pemko juga menurunkan peralatan berat berupa backhoe loader dan truk sampah.

Kepala BPBD Kota Medan, Arjuna Sembiring menjelaskan, susur dan bersih Sungai Deli merupakan kegiatan rutin Pemko Medan. Dikatakannya, aksi ini melibatkan BPBD Kota Medan, Dinas Pekerjaan Umum, Polrestabes Medan, Kodim 02/01 BS, Basarnas, Balai Wilayah Sungai (BWS), BMKG, unsur kecamatan dan kelurahan, komunitas peduli lingkungan, akademisi dan praktisi, Karang Taruna, lurah, kepling serta masyarakat.

"Kegiatan yang kita lakukan pagi ini merupakan lanjutan setelah kegiatan sebelumnya. Mudah - mudahan kegiatan ini bisa menggugah kembali sekaligus mengajak masyarakat agar jangan buang sampah ke sungai, termasuk ikut berpartisipasi membersihkan Sungai Deli serta menjaga kebersihannya," kata Arjuna.

Sejak digelar pertama kali, jelas Arjuna, aksi susur dan bersih-bersih Sungai Deli mulai mendapat dukungan masyarakat, terutama yang bermukim di sepanjang bantaran sungai. Secara perlahan, kawasan yang telah dilalui mulai bersih.

"Jika semua mendukung, insya Allah Sungai Deli, termasuk bantarannya akan semakin bersih," ungkapnya optimis.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan