Upacara Mangulosi Dan Atraksi Silat Warnai Pesona Colorful Medan

dibaca 383 pembaca

Upacara Mangulosi Dan Atraksi Silat Warnai Pesona Colorful Medan

Perhelatan Pesona Colorful Medan, Sabtu (7/3) malam di Jalan Pulau Pinang, benar-benar penuh warna. Berbagai atraksi budaya, baik yang tradisional dan maupun modern ditampilkan dalam ajang yang digelar oleh Dinas Pariwisata Medan ini.

Pada malam itu digelar pula upacara mangulosi Plt Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M. Si sebagai tanda penghormatan dan penghargaan dan harapan agar beliau diberi kesehatan dan kesuksesan dalam memimpin Kota ini.

Sejak pukul 19.30, warga telah berdatangan ke lokasi acara. Di panggung utama telah pula berlangsung hiburan musik. Sedangkan di pinggiran jalan, telah pula digelar bazaar UMKM yang menyajikan berbagai kuliner. Untuk tetap menjaga kebersihan, penyelenggara juga menyiapkan banyak tong sampah di lokasi acara.

Saat Akhyar memasuki lokasi acara, gordang sambilan pun ditabuh. Para penabuh gordang tampil dengan penuh semangat dan penghayatan yang tinggi. Tidak lama kemudian, upacara Mangulosi pun dimulai. Salah seorang tokoh Mandailing di Sumut, Ahmad Raja Nasution pun mengulosi Plt Wali Kota Medan. Setelah itu dilakukan Manortor dan peserta mengelilingi Plt Wali Kota Medan yang telah diulosi. Raut keharuan tampak jelas di wajah Plt Wali Kota Medan.

Atraksi lain yang menyedot perhatian pengunjung adalah atraksi bela diri Merpati Putih. Selain menampilkan berbagai jurus, para pesilat juga membuat penonton berdecak kagum melihat aksi mereka memecahkan batu, mematahkan balok, dan lempengan besi.
Dalam atraksi seni bela diri asli Indonesia itu, seorang pesilat juga mengundang Plt Wali Kota untuk berpartisipasi. Pesilat itu meminta Plt Wali Kota Medan menutupkan matanya dengan plester lalu melilitnya dengan kain. Plt Wali Kota Medan pun memenuhi permitaan pesilat. Setelah itu, dengan mata yang tertutup plester dan kain, pesilat mencari dan memecahkan balon yang terpencar-pencar di lokasi acara.

Plt Wali Kota Medan begitu mengapresiasi perhelatan ini. Dia mengatakan, warga Medan harus bangga karena memiliki keberagaman budaya. Ini merupakan kekayaan yang harus dijaga dan dirawat dengan baik.

“Pesona Colorful Medan ini menunjukkan kekayaan seni budaya yang ada di Medan. Kekayaan yang membanggakan ini harus kita rawat dan pelihara dengan baik,” harapnya dalam acara itu juga dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Medan, Drs. H. Agus Surilyono, dan segenap pimpinan OPD di lingkungan Pemko serta anggota DPRD itu.

Acara ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan budaya modern dari Fimxie Community pun mulai beraksi. Berbagai atraksi keterampilan mengendarai sepeda pun ditampilkan. Selain itu, perhelatan ini juga menampilkan kesenian Melayu. Lagu dan tarian Melayu menghibur para pengunjung. Setelah itu, Medan Blues Society juga naik panggung dengan lagu-lagu yang memukau warga.

Di bagian-bagian akhir perhelatan, Plt Wali Kota Medan bersama seluruh pengunjung menarik Tiktok bersama. Suasana kegembiraan dan kebersamaan begitu terasa.

Salah seorang pengunjung berharap perhelatan seperti ini tetap diselenggarakan Pemko Medan.

Dia mengatakan, selain menjadi melestarikan kesenian tradisional, perhelatan ini juga dapat menjadi hiburan dan ajang silaturrahmi antarwarga kota.




Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan