Plt Wali Kota Medan Membuka Jambore Kader Tim Penggerak PKK Kota Medan 2020

dibaca 332 pembaca

Plt Wali Kota Medan Membuka Jambore Kader Tim Penggerak PKK Kota Medan 2020

Pelaksana tugas Wali Kota Medan Ir. H Akhyar Nasution, M.Si membuka Jambore Kader Tim Penggerak PKK Kota Medan 2020 di The Hill Sibolangit, Jumat (6/3).
Jambore ini digelar sebagai salah satu ajang untuk menambah wawasan pengetahuan, sekaligus membangun dan memupuk rasa persahabatan dan persaudaraan di antara kader PKK se-Kota Medan mulai tingkat kelurahan hingga kecamatan.

Jambore yang mengusung tema "Ayo, Bikin Cantik Medan" ini diikuti seluruh kader PKK di Kota Medan ini berlangsung mulai sejak pagi. Serangkaian kegiatan, seperti senam, games serta perlombaan Tari Ahoi pun digelar guna menambah serta mempererat rasa kebersamaan maupun kekompakan seluruh anggota TP PKK. Seluruh peserta jambore mengikuti dengan antusias dan penuh semangat.

Dihadapan Sekda Kota Medan Ir. Wiriya Alrahman MM, Plt Ketua TP PKK Kota Medan Ny Hj Nurul Khairani Akhyar, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Medan dr Ismiralda Wiriya Alrahman, pimpinan OPD, camat dan lurah se-Kota Medan, Akhyar mengajak seluruh pengurus dan anggota PKK untuk mendukung gerakan "Yok, Bikin Cantik Medan".

Gerakan "Yok, Bikin Cantik Medan" terinspirasi dari keberhasilan Kelurahan Anggrung, Kecamatan Medan Polonia yang berhasil mengubah wilayahnya menjadi cantik dan berhasil menjadi juara 1 Kelurahan Terbaik Tingkat Nasional Wilayah Regional Satu Sumatera tahun 2019.

Tagline "Yok, Bikin Cantik Medan" diungkapkan Plt Wali Kota Medan, merupakan ide dari sekelompok anak muda Medan yang memberi masukan padanya. "Itulah alasan kenapa Yok Bikin Cantik Medan akan terus kita gelorakan sehingga menjadi gerakan masif untuk diwujudkan bersama," kata Plt Wali Kota Medan.

Menurut Plt Wali Kota Medan, jika wilayah bersih dan cantik, masyarakat tidak akan membuang sampah sembarangan dan mengotori lingkungan. Oleh karenanya, Akhyar berharap seluruh kader PKK mampu berinovasi menata wilayah tugasnya menjadi cantik dan asri. "Selain kader PKK, kepling, lurah dan camat memiliki peran penting untuk mendukungnya dan menggerakannya," pesannya mengingatkan.

Sebelumnya Plt Ketua TP PKK Kota Medan Ny. Hj. Nurul Khairani Akhyar dalam sambutannya, mengajak seluruh kader PKK untuk senantiasa menyatukan langkah dan persepsi sehingga seluruh program kerja PKK yang dicanangkan dapat terwujud, guna mendukung visi misi pembangunan. Selain itu juga, saling mendukung dan memberi dukungan antar kader agar tercipta rasa kebersamaan dan saling memiliki.

"Kegiatan jambore ini merupakan salah satu ajang menambah wawasan, pengetahuan dan yang terpenting adalah membangun dan memupuk rasa persahabatan dan persaudaraan di antara kader PKK se-Kota Medan dari tingkat kecamatan hingga kelurahan," kata Ny Nurul Akhyar.

Meski memiliki fungsi dan karakter pribadi yang berbeda-beda, Ny Nurul mengingatkan, tujuan kader PKK tetaplah satu dan sama yakni suksesnya seluruh program yang memberikan dampak positif bagi masyarakat serta pembangunan kota. Di samping itu juga, organisasi perangkat daerah (OPD) harus dapat berkolaborasi dan merangkul PKK lewat kerja sama program-program yang ada.

Selanjutnya Ny Nurul Akhyar, mengungkapkan bahwa kegiatan ini juga dilaksanakan guna melahirkan kader-kader PKK yang mumpuni dan tangguh. "Suksesnya program PKK didukung dengan kemampuan dan pengetahuan. Mari tingkatkan sumber daya dalam memajukan pembangunan kota serta terus terpacu meningkatkan prestasi dalam gerakan pemberdayaan keluarga sejahtera," pesannya.

Terkait dengan program "Yok Bikin Cantik Medan" yang kini gencar digelorakan Plt Wali Kota, Ny Nurul tak lupa mengimbau dan mengajak seluruh kader PKK untuk mensukseskannya. "Kita tahu bahwa salah satu tugas pokok PKK adalah gotong royong. Lewat kegiatan rutin itu, kita bisa menjadikan Medan yang bersih dan cantik. Ayo berbuat dan melakukan yang terbaik," serunya.




Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan