Bantu Penderita Stunting, Plt Wali Kota Medan Beri Asupan Gizi Tambahan Dan Renovasi Rumah

dibaca 489 pembaca

Bantu Penderita Stunting, Plt Wali Kota Medan Beri Asupan Gizi Tambahan Dan Renovasi Rumah

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir. H Akhyar Nasution, M.Si bersama Plt Ketua TP PKK Kota Medan Hj Nurul Khairani Akhyar mengunjungi Balita Penderita Stunting Alfred Tegar (3) di Jalan Menteng III, Kecamatan Medan Denai, Rabu (26/03). Selain ingin melihat langsung kondisi Balita, kehadiran Plt Wali Kota Medan ini juga membantu Penderita Stunting dengan memberikan asupan gizi tambahan dan merenovasi rumah tempat tinggalnya.

Keluarga Bapak Juned (42) tampak terharu dengan hadirnya Plt Wali Kota Medan bersama Plt Ketua TP PKK Kota kerumahnya, mereka tak menyangka Pemimpin Kota Medan ini berkunjung untuk melihat anaknya yang penderita Stunting dan memberikan bantuan asupan gizi tambahan serta akan merenovasi rumah. Dikatakan Plt Wali Kota Medan, berawal dari laporan Camat Medan Denai bahwa salah satu warganya memiliki anak penderita Stunting yang merupakan penyakit kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat dari kekurangan gizi kronis. Mendengar kondisi keluarga Juned yang tinggal bersama Mertuanya dengan kondisi Rumah seadanya dan pekerjaan yang tidak tetap. Akhyar merasa iba dan secara spontan mengunjungi dan memberikan bantuan asupan gizi tambahan dan akan merenovasi rumah.

"Bantuan yang diberikan ini Merupakan salah satu wujud kepedulian Pemerintah Kota Medan terhadap anak-anak penderita Stunting. Artinya langkah ini juga merupakan salah satu contoh bentuk penanganan untuk seluruh Penderita Stunting", kata Plt Wali Kota Medan. Dijelaskan Plt Wali Kota Medan, Selain menangani Penderita Stunting, Pemko Medan juga akan memperhatikan Prilaku dan kondisi keluarga penderita Stunting. Artinya selain tempat tinggalnya, Prilaku orang tua juga harus menjadi perhatian agar dapat memfokuskan diri untuk tumbuh kembang anak. "Di dalam keterbatasan, Keluarga yang memiliki anak harus mengetahui yang mana harus diprioritaskan sehingga gizi anak dapat terjaga dengan baik. Selain itu lingkungan tempat tinggal juga harus diperhatikan baik itu siklus udara maupun saluran sanitasi harus bersih", ungkap Plt Wali Kota Medan.

Untuk Penanganan Anak Penderita Stunting, khususnya Alfred Tegar, Plt Wali Kota mengintruksikan Kadis Kesehatan untuk memantau perkembangan anak baik itu kondisi tubuhnya maupun Asupan Gizinya. "Selama Balita, Perkembangan anak penderita Stunting akan dipantau melalui Posyandu. Artinya dengan Asupan Gizi tambahan yang diberikan apakah ada pertumbuhan pada tubuh anak", jelas Plt Wali Kota Medan. Terkait renovasi rumah, Plt Wali Kota Medan menginstruksikan Dinas Perkim untuk merenovasi rumah bapak Juned. Renovasi ini akan terfokus pada Atap dan siklus udara serta sanitasi rumah. Diharapkan dengan renovasi ini rumah dan lingkungan dapat sehat dan bersih sehingga anak dapat tumbuh dengan baik.

 

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan