Peringati Hari Peduli Sampah, Plt Wali Kota Pimpin Aksi Bersih-bersih di Belawan

dibaca 60 pembaca

Peringati Hari Peduli Sampah, Plt Wali Kota Pimpin Aksi Bersih-bersih di Belawan

Pemko Medan menggelar Aksi Bersih-bersih di kawasan Medan Belawan, Kamis (27/2). Aksi ini menandai Peringatan Hari Peduli Sampah Tingkat Kota Medan Tahun 2020.

Aksi yang diikuti Plt Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si ini diawali dengan apel bersama di Jalan Kampar 1 Ling XI Kelurahan Belawan, Kecamatan Medan Belawan.

Ratusan peserta aksi ini terdiri dari TNI/Polri, masyararakat, organisasi kemasyarakatan dan pemuda, serta Pramuka.

Usai apel, aksi bersih-bersih pun dimulai. Setiap peserta dibagi satu kantong plastik besar hitam. Dengan penuh semangat mereka mengutip sampah di jalan juga mengorek sampah yang mengendap di drainase.

Berbagai peralatan kebersihan diantaranya sapu lidi, cakar, juga gerobak sampah digunakan peserta untuk memaksimalkan pekerjaan. Tidak hanya itu, Dinas Kebersihan dan Pertamanan juga menurunkan truk sampah convektor yang bisa langsung memadatkan tumpukan sampah.

Dalam aksi ini para peserta dibagi atas empat lokasi, yakni Jalan Kampar I, Jalan Kampar II, Jalan Serma Hanafiah, dan Jalan Rokan.

Kegiatan ini juga ditandai dengan pemberian peralatan kebersihan berupa keranjang sampah, sapu lidi, sekop, dan cakar oleh Plt Wali Kota Medan. Selain itu, Akhyar bersama masyarakat juga menandatangani Komitmen Bersama Belawan Bebas Sampah.

Kehadiran Plt Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si disambut gembira oleh peserta. Bahkan sebaik turun dari mobil, Akhyar langsung di gendong pasukan marinir menuju lokasi apel.

Akhyar mengapresiasi aksi ini. Menurutnya, momentum Peringatan Hari Peduli Sampah ini menjadi momentum untuk membangkitkan kesadaran dan semangat membebaskan Medan dari sampah untuk mewujudkan Medan bersih.

Akhyar juga mengungkapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan di Belawan yang sangat mendukung aksi ini.

Di tempat yang sama, Danyon Marhanlan I Belawan, Mayor Marinir Farick, juga mengungkapkan pihaknya mendukung program Pemko Medan untuk membuat Belawan bebas sampah.

Dikatakannya, pihaknya juga siap bekerja sama dengan Pemko maupun Koramil dalam mewujudkan Medan yang bersih.

Sebelumnya, Kadis Kebersihan dan Pertamanan Medan, H. M. Husni menyebutkan, Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini menjadi momentum untuk membangkit rasa kepedulian dan kesadaran untuk membebaskan Medan dari sampah.

Menurutnya, sampah masih menjadi persoalan di Medan. Untuk mengatasi persoalan ini diperlukan sebuah gerakan bersama dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk masyarakat.

"Dipilih Belawan sebagai lokasi kegiatan, karena wilayah ini hulu Kota Medan. Disini sampah-sampah dari hilir bertemu. Kalau Belawan telah menjadi ikon bersih, saya yakin daerah juga akan mengikuti," ucapnya.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan