BPBD Kota Medan Bersama Akademisi dan Komunitas Pecinta Lingkungan Melakukan Bersih-Bersih Sungai Deli dan Edukasi Masyarakat

dibaca 109 pembaca

BPBD Kota Medan Bersama Akademisi dan Komunitas Pecinta Lingkungan Melakukan Bersih-Bersih Sungai Deli dan Edukasi Masyarakat

Pemko Medan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan kembali melakukan kegiatan bersih-bersih sungai deli sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat yang ada di bantaran sungai agar tidak membuang sampah ke sungai, Rabu (26/2). Kegiatan bersih-bersih sungai yang dilakukan dengan cara menyusuri sungai ini juga di ikuti oleh para akademisi dari Kampus Universitas Panca Budi Medan dan komunitas pecinta lingkungan. Kegiatan ini sendiri dimulai dari Avros Park hingga finish di jembatan perdana, jalan Perdana. Dengan menggunakan dua perahu karet rombongan di lepas langsung oleh Kepala BPBD Kota Medan, Arjuna Sembiring, S.Sos,MSP.

Dikatakan Arjuna kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si guna meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dan upaya pencegahan terjadinya bencana. Dijelaskan Arjuna Sembiring dalam bencana ada tiga aspek yang harus diperhatikan diantaranya kesiapsiagaan dan pencegahan, masa tanggap darurat terjadinya bencana, dan yang terakhir rehabilitasi rekontruksi. Dari ketiga aspek tersebut yang perlu ditingkatkan yaitu kesiapsiagaan dan pencegahan.

"Kita mengupayakan bagaimana agar tidak terjadi bencana salah satunya dengan mengadakan bersih-bersih sungai dan mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai."kata Arjuna. Dari kegiatan ini Arjuna Sembiring berharap sungai deli kedepanya dapat bersih dan normal kembali.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan