Pemko Medan dan BPS Kota Medan Gelar Rapat Koordinasi Daerah Sensus Penduduk 2020

dibaca 90 pembaca

Pemko Medan dan BPS Kota Medan Gelar Rapat Koordinasi Daerah Sensus Penduduk 2020

Guna suksesnya pelaksanaan sensus penduduk 2020, Pemko Medan dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Medan menggelar rapat koordinasi sensus penduduk 2020 di Kantor Wali Kota Medan, Senin (24/2).

Rapat yang di pimpin Plt Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial, Drs. Musaddad, M.Si juga dihadiri oleh Kepala BPS Kota Medan, Dra. Enny Nuryani, pimpinan OPD dan Camat se-Kota Medan.

 

Dalam sambutan Plt Wali Kota Medan yang dibacakan Aspem mengatakan berdasarkan UU No 16 tahun 1997 tentang statistik dan Peraturan Pemerintah No 51 tahun 1999 tentang penyelenggaraan statistik, serta rekomendasi PBB mengenai sensus penduduk dan perumahan tahun 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) akan melaksanakan sensus penduduk 2020 (SP2020). SP2020 ini merupakan kegiatan pendataan lengkap seluruh penduduk Indonesia yang telah dilakukan tujuh kali sejak 1961 dengan tujuan menyediakan data jumlah, komposisi, persebaran, dan karakteristik penduduk Indonesia sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan Pemerintah.

 

Dalam sensus penduduk 2020 ini, BPS akan menggunakan metode kombinasi yaitu memanfaatkan administrasi kependudukan (ADMINDUK) dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, sebagai data dasar untuk pendataan secara lengkap dan memanfaatkan berbagai jenis pengumpulan data yang menggunakan gadget.

 

"Metode kombinasi ini dilakukan untuk menghadapi tantangan dinamika kependudukan yang terjadi selama 10 terakhir."kata Musaddad.

 

Sensus penduduk 2020 ini sendiri lanjut Musaddad akan dilakukan dua periode, periode pertama adalah sensus penduduk secara online yaitu seluruh penduduk dapat secara aktif mengisikan data kependudukanya secara mandiri melalui website sensus.bps.go.id pada 15 Februari-31 Maret 2020. Sedangkan periode kedua yaitu kegiatan verifikasi dan pencacahan lapangan yang akan dilaksanakan pada tanggal 1-31 Juli 2020.

 

"Jadi kunci suksesnya sensus penduduk 2020 ialah partisipasi dari seluruh elemen masyarakat, oleh sebab itu saya mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam mensukseskan sensus penduduk 2020 ini."kata Musaddad.

 

"Begitu pula kepada para kepala OPD agar memerintahkan kepada seluruh ASN dan THL untuk mensukseskan sensus penduduk 2020 ini."lanjut Musaddad.

 

SP2020 ini nantinya akan digunakan sebagai dasar perencanaan pembangunan misalnya untuk menentukan penambahan fasilitas publik dan infrastruktur kota.

 

Sementara itu Kepala BPS Kota Medan, Dra. Enny Nuryani menjelaskan pelaksanaan sensus online dari bulan Februari-Maret ditargetkan mencapai 20% atau 132.000 keluarga. Diharapkan Kota Medan menjadi yang terbaik dari seluruh Kab/Kota lainnya dalam mensukseskan sensus penduduk 2020 ini.

 

"Apabila kita melawati target yang telah dicapai, tentunya itu luar biasa sekali karena itu kita semua harus optimis dalam mensukseskan sensus penduduk 2020."kata Enny.

 

Sedangkan sebagai bentuk dukungan suksesnya pelaksanaan sensus penduduk 2020 ini, Dinas Kominfo Kota Medan telah melakukan penyebarluasan informasi sensus penduduk 2020 melalui berbagai media.

 

Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Zain Noval, S.STP, M.AP mengatakan penyebarluasan informasi sensus penduduk 2020 dilakukan melalui media website dan aplikasi sosial media (Medsos) yang dikelolah oleh Dinas kominfo Kota Medan. Tidak hanya itu saja sosialisasi juga telah dilakukan dengan melakukan pertemuan dengan para OPD, Camat dan juga Lurah.

 

"Agar lebih memudahkan masyarakat kami juga menyediakan tutorial video tata cara pengisian data sensus penduduk 2020 yang dapat di undu melalui e-file.pemkomedan.go.id/file/download/23020817."jelas Zain Noval.

 

Sedangkan bagi masyarakat yang belum paham untuk melakukan pengisian sensus penduduk 2020 secara online maka dapat datang langsung ke kantor Camat dan Lurah.

 

"Nanti akan ada petugas yang membantu masyarakat untuk melakukan pengisian data sensus penduduk 2020."sebut Zain Noval.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan