Plt Ketua TP PKK Kota Medan Berikan Makanan Tambahan Kepada Balita Yang Mengalami Stunting di Kelurahan Tegal Sari III

dibaca 157 pembaca

Plt Ketua TP PKK Kota Medan Berikan Makanan Tambahan Kepada Balita Yang Mengalami Stunting di Kelurahan Tegal Sari III

Plt Ketua TP PKK Kota Medan, Hj. Nurul Khairani Akhyar memberikan bingkisan berupa makanan tambahan kepada balita yang mengalami kondisi gagal tumbuh (stunting) yang ada di Kel. Tegal Sari III, kecamatan Medan Area, Rabu (19/2). Diharapkan pemberian makanan tambahan ini dapat membantu pemenuhan kebutuhan gizi bagi anak.

Didampingi sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, Camat Medan Area, Hendra Asmilan, S.IP, M.AP, dan Ketua TP Kecamatan Medan Area, Lily Sartika Lubis. Plt Ketua TP PKK Kota Medan, Hj. Nurul Khairani Akhyar mengunjungi satu persatu rumah warga yang balitanya mengalami stunting.

Dengan membawa bingkisan makanan tambahan tersebut, Plt Ketua TP PKK Kota Medan beserta rombongan disambut gembira oleh orang tua sang anak. Para orang tua juga menceritakan kondisi dari anak mereka masing-masing.

Sementara itu Plt Ketua TP PKK Kota Medan, Hj. Nurul Khairani Akhyar mengatakan kunjungan TP PKK Kota Medan ke Kelurahan Tegal Sari III ini bertujuan untuk melihat langsung kasus stunting yang terjadi pada balita di wilayah tersebut. karena itulah melalui pertemuan ini Plt Ketua TP PKK Kota Medan berharap seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dapat terus bersinergi untuk mengatasi permasalahan ini.

"Koordinasi dan sinergitas diantara kita semua sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah stunting ini, karena mereka membutuhkan uluran tangan dari kita"kata Plt Ketua TP PKK Kota Medan.

Dalam kunjungan tersebut Plt Ketua TP PKK Kota Medan juga berpesan kepada seluruh pengurus PKK yang ada di Kecamatan agar segera menginformasikan kepada OPD terkait apabila ada ditemukan permasalahan stunting di daerahnya sehingga dapat segera di tangani.

"Segera informasikan apabila ada di temukan permasalahan stunting agar kita cepat mengambil tindakan penanganan."ujar Plt TP PKK Kota Medan.

Selain memberikan makanan tambahan kepada para balita, Plt Ketua TP PKK Kota Medan juga memimpin rapat persiapan kunjungan Ketua umum TP PKK Pusat, Tri Suswati Tito Karnavian ke Kelurahan Tegal Sari III guna melihat langsung program pencegahan stunting yang ada di daerah.

Rapat yang digelar di Kantor Lurah Tegal Sari III, Kecamatan Medan Area ini diharapkan dapat menjadikan Kelurahan Tegal Sari III menjadi kawasan zero stunting.

Dalam rapat yang juga dihadiri Sekretaris TP PKK Provinsi Sumut, Reza Pahlevi Lubis, menyebutkan bahwa kunjungan Ketua TP PKK Pusat ini merupakan program yang sudah di tetapkan, dimana dalam program ini yang menjadi locus stunting adalah Kelurahan Tegal Sari III.

"Ini merupakan kunjungan kerja ibu ketua umum TP PKK Pusat dalam rangka pencegahan stunting"sebut Reza.

Sebelumnya Camat Medan Area, Hendra Asmilan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Plt Ketua TP PKK Kota Medan, Hj. Nurul Khairani Akhyar beserta rombongan yang telah meninjau langsung warga yang mengalami stunting di Kelurahan Tegal Sari III, Kecamatan Medan Area.

Hendra Asmilan menjelaskan di Kelurahan Tegal Sari III ini terdapat beberapa anak yang mengalami stunting, namun pihak Kecamatan Medan Area sulit untuk memberikan bantuan mengingat orang tua dari si anak yang mengalami stunting tidak terdaftar sebagai warga Kecamatan Medan Area.

"Orang tua dari anak yang mengalami stunting tidak terdaftar di Kecamatan kami, hal itu yang membuat kami sulit untuk memberikan bantuan, karena itu kami mengharapkan adanya kebijakan agar kami dapat memberikan bantuan kepada anak yang mengalami masalah stunting tersebut."jelas Hendra Asmilan.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan