Pawai Taaruf MTQ Ke 53 Tingkat Kota Medan Berlangsung Meriah, Ragam Seni Budaya di Tampilkan

dibaca 297 pembaca

Pawai Taaruf MTQ Ke 53 Tingkat Kota Medan Berlangsung Meriah,  Ragam Seni Budaya di Tampilkan

Pawai taaruf dalam rangka memeriahkan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 53 tingkat kota Medan berlangsung meriah. Masing-masing peserta pawai taaruf yang berasal dari 21 Kecamatan di Kota Medan ini tidak hanya membawa seluruh kafilah dan unsur Kecamatannya saja melainkan juga menampilkan ragam kesenian budaya yang ada di Kota Medan seperti Karo, mandailing, Toba, jawa, Melayu, arab, tionghoa, India dan budaya lainya.

Pawai taaruf yang diadakan di jalan Ngumban Surbakti, Sabtu (15/2) dilepas langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si. Dalam suasana hujan, para peserta pawai taaruf kelihatan tetap penuh semangat melintasi panggung kehormatan.

Iringan pawai taaruf diawali barisan pasukan pengibar bendera dan pramuka yang membawa bendera merah putih, kemudian dilanjutkan barisan yang mengenakan berbagai pakaian adat yang melambangkan keberagaman adat dan budaya di kota Medan sebagai bentuk dukungan seluruh masyarakat kota Medan terhadap event MTQ ini.

Usai barisan pasukan pengibar bendera dan pramuka melintasi panggung kehormatan selanjutnya disusul barisan kafilah dari Kec. Medan Barat yang membawa piala bergilir MTQ tingkat kota Medan yang berhasil direbut pada MTQ ke 52 tingkat kota Medan tahun 2019 lalu.

Setelah itu di susul barisan kafilah dari Kec. Medan Labuhan, dan dilanjutkan Kafilah dari Kec. Medan Kota, Kec. Medan Area, Kec. Medan Maimun dan kecamatan-kecamatan lainya yang ada di Kota Medan.

Iringan barisan kafilah ini kemudian di tutup oleh barisan kafilah dari Kecamatan Medan Selayang selaku tuan rumah MTQ ke 53 tingkat kota Medan tahun 2020 ini.

Seluruh rombongan kafilah dari 21 Kecamatan yang melintasi pangung kehormatan disambut hangat oleh Plt Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si bersama Plt Ketua TP PKK Kota Medan, Hj. Nurul Khairani Akhyar, Sekda Kota Medan, Ir. Wiriya Alrahman, MM bersama Ketua Dharmawanita Kota Medan, Ismiralda Wiriya Alrahman dan seluruh unsur FKPD Kota Medan lainya dengan lambaian tangan.

Berbeda dari tahun sebelumnya, peserta pawai taaruf kali ini hampir rata-rata membawa botol minuman yang dapat dipergunakan berulang kali (tumbler). Hal ini sebagai bentuk dukungan masyarakat terhadap program Pemko Medan yang ingin mengurangi penggunaan bahan plastik.

Plt Wali Kota Medan mengatakan pawai taaruf ini merupakan kegiatan rutin yang digelar guna mendukung sekaligus memeriahkan pembukaan MTQ tingkat kota Medan.

"Pawai taaruf ini merupakan rangkaian acara dari pembukaan MTQ ke 53 tahun 2020, melalui pawai ini diharapkan dapat semakin menambah kemeriahan event MTQ tahun ini sehingga masyarakat semakin antusias menyaksikan dan mendukung penyelenggaraan MTQ tahun ini."kata Plt Wali Kota Medan.

Selain itu juga Plt Wali Kota Medan juga berharap perayaan MTQ ke 53 tingkat kota Medan tahun 2020 ini berjalan sukses dan menghasilkan Qori dan Qoriah yang berkualitas yang mampu mengharumkan nama kota Medan baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.

"Semoga MTQ kali ini akan melahirkan Qori dan Qoriah terbaik dari kota Medan yang nantinya dapat mengharumkan nama kota Medan ditingkat provinsi, nasional maupun internasional." harap Plt Wali Kota Medan.




Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan