Plt Wali Kota Medan Safari Jumat Ke Masjid Jamiyyatush Sholihin

dibaca 347 pembaca

Plt Wali Kota Medan Safari Jumat Ke Masjid Jamiyyatush Sholihin

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si Safari Jumat di Masjid Jamiyyatush Sholihin Jalan Alumunium I, Kelurahan Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli, Jumat (14/2). Selain beribadah dan melepas rindu pada tempat dia lahir dan besar itu, ia juga mempererat ikatan silaturahmi dengan warga sekitar.

Kedatangan Akhyar didampingi Asisten Pemerintahan Setdako Medan Musaddad Nasution, Plt Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan Zulfansyah, Kadis Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang, Benny Iskandar, Kabag Agama, Adlan serta Camat Medan Deli, Feri Suheri disambut jamaah dengan gembira. Sebagian besar jamaah, merupakan teman-teman Akhyar semasa kecil.

Akhyar dan jamaah pun bersalaman sekaligus melepas rindu. Sebelum memasuki halaman masjid, Akhyar pun berulangkali menatap masjid yang kini banyak mengalami perubahan. Kini, masjid yang dulu merupakan tempat Akhyar mengaji dan belajar shalat ketika masih kecil tengah dalam tahap finishing akhir pembangunan. Meski belum selesai sepenuhnya namun Masjid Jamiyyatush Sholihin terlihat indah dan megah.

Sebelum melaksanakan Safari Jumat, Akhyar lebih dulu melaksanakan Shalat Jumat berjamaah. Bertindak sebagai khatib dan imam Shalat Jumat adalah Al Ustadz M. Akbar S.Pdi. Akhyar dan seluruh jamaah tampak khusyuk saat melaksanakan Shalat Jumat. Mengawali Safari Jumat, Akhyar memberikan sumbangan dari Pemko Medan sebesar Rp.50 juta yang diterima Ketua BKM Jamiyyatush Sholihin disaksikan ratusan jamaah.

Sebelum menyampaikan sambutannya, Akhyar mengungkapkan bahwasannya Jalan Alumunium I merupakan tempat kelahiran dan dirinya dibesarkan.

Akhyar mengenangkan kembali bahwa awalnya Masjid ini dinamakan Jami. Namun karena ada juga Masjid di Brayan Bengkel yang bernama sama, maka nama Masjid ini diubah menjadi Jamiyyatush Sholihin

Akhyar mengaku sangat bergembira dapat berkunjung di Masjid ini. "Lagipula alangkah tidak baiknya setelah mendapat amanah, saya tidak datang kemari," kata Akhyar seraya menyapa sejumlah jamaah yang masih dikenalnya, terutama salah seorang kepala lingkungan yang biasa disapanya "Wak Uncu".

"Tolong ya Wak Uncu, jaga kebersihan lingkungan kita ini. Kalau nanti jorok, saya laporkan sama Pak Camat," kata Akhyar berkelakar yang langsung disambut tawa seluruh jamaah yang memenuhi Masjid Jamiyyatush Sholihin.

Selanjutnya, Akhyar pun mengharapkan dukungan penuh seluruh warga sekitar sehingga seluruh program pembangunan yang dijalankan Pemko Medan berhasil diwujudkan, seperti kebersihan serta ikut menggelorakan gerakan, "Yok, Bikin Cantik Medan". "Tanpa dukungan warga, Pemko Medan tak mungkin dapat mewujudkannya. Jadi saya sangat mengharapkan dukungan warga," ungkapnya.

Dikesempatan itu Akhyar juga menyampaikan rencana untuk menormalisasi parit besar (parit bengkel). Sebab, parit mengalami sendimentasi karena sudah lama tidak dilakukan pengorekan. Kemudian diikuti dengan perbaikan parit-parit gang, sehingga mampu menampung debit air hujan untuk dialirkan menuju parit bengkel. Dengan demikian Akhyar berharap, normalisasi yang dilakukan nanti dapat meminimalisir terjadinya genangan air di kawasan tersebut.

Sebelumnya Ketua BKM Masjid Jamiyyatush Sholihin, Azhari mengatakan, kehormatan besar bagi seluruh jamaah karena dikunjungi Plt Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution. Yang membanggakan lagi, Akhyar merupakan putra asli Tanjung Mulia.

"Alhamdulillah, bantuan ini tentunya sangat bermanfaat untuk menyelesaikan pembangunan Masjid Jamiyyatuah Sholihin. Semoga bantuan ini memberikan berkah, sebab sudah lama kami mengajukan permohonan bantuan dan baru kali ini dapat diterima. Atas bantuan yang diberikan, saya beserta seluruh jamaah mengucapkan terima kasih," ungkap Azhar.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan