Berkunjung ke Puskesmas, Plt Wali Kota Medan Ajak Masyarakat Jaga Pola Hidup

dibaca 93 pembaca

Berkunjung ke Puskesmas, Plt Wali Kota Medan Ajak Masyarakat Jaga Pola Hidup

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si mengajak seluruh masyarakat Kota untuk menjaga Pola Hidup. Sebab berdasarkan data dari Puskesmas, penyakit tertinggi yang diderita masyarakat adalah Inspeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi dan Diabetes.

Demikian ajakan ini disampaikan Plt Wali Kota Medan ketika meninjau Puskesmas Medan Johor Jl. Karya Jaya No. 29 B Pangkalan Mansur Kec. Medan Johor dan Puskesmas Padang Bulan Jl. Jamin Ginting No. 31 PD. Bulan Kec. Medan Baru, Rabu (12/02).


"Semua penyakit tertinggi tersebut berkaitan dengan pola hidup, maka saya mengajak masyarakat untuk merubah pola makan dan pola hidup termasuk tingkat stress kita. Artinya jika kita dapat menjaga prilaku kita maka, penyakit tidak akan datang", kata Plt Wali Kota Medan.

Kemudian didampingi Asisten Umum Renward Parapat, Kadis Kesehatan, Dr Edwin dan Kadis BKDPSDM Muslim Harahap, setibanya di Puskesmas Medan JohorJl. Karya Jaya No. 29 B Pangkalan Mansur Kec. Medan Johor, Plt Wali Kota Medan yang disambut Kepala Puskesmas, Dr Marlina langsung melihat fasilitas pelayanan kesehatan di Puskesmas tersebut.

Selain itu satu persatu ruangan Puskesmas juga tidak luput dari Peninjauan. kepada para pegawai Puskesmas Plt Wali Kota Medan berpesan agar terus mengedepankan pelayanan terbaik Sehingga masyarakat yang hendak berobat akan merasa nyaman. "Berikan terus pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat yang akan berobat ke Puskesmas. jika sudah terlayani dengan baik, maka masyarakat juga akan puas terhadap pelayanan kesehatan" ,ungkap Plt Wali Kota Medan.

Terkait dengan wabah virus Corona, Akhyar menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Medan juga selalu siaga guna mengantisipasi kasus virus corona dan melakukan tindakan sesuai tata laksana kondisi pasien terduga terkena virus corona. Selain itu meningkatkan jejaring kerja dengan pemangku kewenangan, lintas sektor, Dinas Kesehatan, Puskesmas, Camat dan lurah.

"Seperti diketahui di Kota Medan saat ini ada orang yang baru datang dari Tiongkok, dan orang tersebut saat ini sedang diobservasi oleh tim Kesehatan Kota Medan walaupun belum tentu dia penderita virus Corona. Artinya Dinas Kesehatan maupun Puskesmas siap melakukan observasi jika ditemukan orang terjangkit virus Corona nantinya akan dirawat dan jika perlu akan diisolasi", jelas Plt Wali Kota Medan.


Selanjutnya Plt Wali Kota Medan melakukan peninjauan ke Puskesmas Padang Bulan Jl. Jamin Ginting No. 31 PD. Bulan Kec. Medan Baru, setibanya di tempat tersebut, Plt Wali Kota Medan berbincang dengan Plt Kepala Puskesmas dr Zufaniah seputar Pelayanan Kesehatan yang diberikan kepada masyarakat.



Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan