Plt Wali Kota Medan Serahkan KIA kepada Siswa/i Sekolah YP Washliyani

dibaca 448 pembaca

Plt Wali Kota Medan Serahkan KIA kepada Siswa/i Sekolah YP Washliyani

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada siswa/i sekolah YP. Washliyani di jalan Pancing V, Kec. Medan Labuhan, Rabu (12/2).

KIA yang diserahkan ini sebanyak 150 dan akan terus berlanjut ke seluruh anak-anak yang ada di Kota Medan.

Plt Wali Kota Medan mengatakan Kartu Identitas Anak (KIA) diperuntukan bagi anak usia 0 sampai sebelum 17 tahun. KIA ini penting karena di kartu tersebut terdapat NIK anak, artinya anak tersebut sudah terdaftar sebagai warga negara dengan begitu si anak dapat mengakses fasilitas-fasilitas yang di miliki negara.

"Dengan memiliki KIA maka si anak sudah terdaftar di negara dan anak tersebut dapat memproleh hak-haknya."kata Plt Wali Kota Medan.

Dalam kesempatan ini Plt Wali Kota Medan juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat yang hadir atas keterlambatan pencetakan Kartu Identitas Penduduk (KTP). Hal ini dikarenakan tidak tersedianya blanko KTP sementara yang berhak untuk mencetak blanko KTP adalah Kementerian Dalam Negeri sedangkan Pemerintah Daerah tidak berhak

"Daerah hanya diberi jatah 10 ribu blanko setiap kali pengambilan sementara pemohon KTP di kota Medan sudah mencapai 60 ribu, karena itu kami memohon maaf atas keterlambatan pengurusan KTP masyarakat."ujar Plt Wali Kota Medan.

Disamping permohonan maaf tersebut, Plt Wali Kota Medan juga mengungkapkan bahwa Pemko Medan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan seperti Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan lainya, masyarakat hanya perlu datang ke kantor Camat untuk mengurusnya nanti akan ada petugas yang mengurusnya hingga selesai.

"Bapak/ ibu cukup datang ke Kantor Camat saja nanti petugas kecamatan yang akan mengurusnya ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, jadi bapak/ibu tidak perlu berbondong-bondong ke kantor Dinas, dan itu gratis tanpa di pungut biaya."ungkap Plt Wali Kota Medan.

Diakhir sambutan Plt Wali Kota Medan berpesan kepada masyarakat agar segera mengurus semua kartu identitasnya jangan sampai lalai dan tidak mengurusnya.

"Segera urus kartu identitas bapak/ibu jangan lalai, jangan sampai waktu dibutuhkan baru di urus."pesan Plt Wali Kota Medan.

Dalam penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) ini Plt Wali Kota Medan juga turut didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Syarif Armansyah Lubis, Plt Kepala Dinas Pendidikan, Masrul Badri, Sekretaris Disdukcapil, Sri Maharani, dan Camat Medan Labuhan, Rudy Asriandy.

Usai menyerahkan KIA tersebut Plt Wali Kota Medan kemudian meninjau dinding mural dan lahan perkarangan yang ditanami dengan pemanfaatan sendimen drainase yang lokasinya tidak jauh dari sekolah.

 

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan