Perayaan Thaipusam Tahun 2020 Di Medan Berlangsung Meriah

dibaca 183 pembaca

Perayaan Thaipusam Tahun 2020 Di Medan Berlangsung Meriah

Perayaan “Thaipusam,” ritual agama Hindu dalam rangka menghormati Dewa Murugan atau Dewa Subramaniam, tahun 2020 yang digelar di Sree Soepramaniem Nagarattar Kuil, Jalan Kejaksaan, Sabtu (8/2) berlangsung meriah dan diramaikan ribuan umat Hindu Tamil. Diharapkan perayaan ini semakin meningkatkan toleransi dan rasa saling menghargai diantara warga Kota Medan.

Kemeriahan Perayaan Thaipusam yang ditandai dengan pelepasan kereta kencana yang membawa patung Dewa Murugan semakin bertambah dengan hadirnya Plt Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si. Sebelum melepas Kereta Kencana, dihadapan yang hadir diantaranya Konjen Amerika untuk Sumatera Utara, Guy Margalith, Tokoh Masyarakat, Parlindungan Purba dan Ketua PHDI Kota Medan, Surya, Plt Wali Kota Medan melakukan Pemecahan satu buah kelapa dan menarik kereta kencana secara simbolis.

Dikatakan Plt Wali Kota Medan, sebagai Kota yang Multikultural dengan keberagaman Suku, Budaya dan Agama. masyarakat Kota Medan harus dapat terus menjalin dan menjaga tali persaudaraan agar Kota ini tetap aman, nyaman dan kondusif. Artinya hal tersebut merupakan modal awal kita dalam membangun Kota.

"Perayaan Thaipusam ini merupakan wujud nyata dalam kita menjaga tali persaudaraan dan bertoleransi. Sebab tidak hanya umat Hindu, perayaan Thaipusam juga dihadiri warga Kota Medan yang berlatar suku dan agama berbeda karena menariknya ritual yang dilaksanakan", kata Plt Wali Kota Medan

Melalui Perayaan Thaipusam ini, Plt Wali Kota Medan mengajak seluruh umat Hindu yang ada di Kota Medan untuk mendukung program Pemerintah dengan slogan "Yuk Bikin Cantik Medan". Artinya untuk meningkatkan toleransi kita bersama-sama membangun Kota ini dengan ikut berperan dalam menjadikan Kota ini lebih Cantik dengan menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

"Jika sudah cantik, tentunya akan, Bersih, Rapi, Indah, Tertata dan menarik. Dengan begitu orang luar akan senang dan betah berada di Kota ini sehingga berdampak baik bagi perekonomian kita yang akan terus meningkat", Ungkap Plt Wali Kota Medan.

Sebelumnya Ketua PHDI Kota Medan Surya, mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan, karena mendukung penuh sehingga perayaan Thaipusam tahun 2020 dapat dilaksanakan dengan lancar. Antusias umat Hindu dan masyarakat Kota Medan mengikuti kegiatan ini semakin meningkatkan setiap tahunnya. Diharapkan Perayaan Thaipusam ini akan rutin digelar setiap tahunnya.

Seperti diketahui, Thaipusam, merupakan Tradisi Umat Hindu yang berkaitan dengan iman, ketekunan, dan penebusan dosa. Dilakukan sebagai bentuk ucapan syukur dan penghormatan masyarakat Hindu Tamil dari berbagai kasta dan budaya pada Dewa Perang, serta Dewa. Artinya menurut kepercayaan Hindu, Dewa Murugan menang dengan menggunakan senjata pemberian ibunya, Dewi Parwati yang disebut Vel atau senjata perlambang kelihaian, yang dijadikan objek penyembahan pada Dewa Murugan di kuil-kuil pemujaannya.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan