BDC Kota Medan Siap Mendukung Pengembangan UMKM Secara Paripurna

dibaca 107 pembaca

BDC Kota Medan Siap Mendukung Pengembangan UMKM Secara Paripurna

Business Development Center (BDC) Kota Medan mengaku siap mendukung pengembangan UMKM yang ada di Kota Medan secara paripurna agar lebih berdaya sehingga mampu mendorong perekonomian di Kota Medan. Hal ini terungkap saat digelarnya rapat konsolidasi dan rencana bisnis BDC Kota Medan untuk tahun 2020 di ruang rapat Bappeda Kota Medan, Selasa (4/2). Rapat yang di pimpin langsung oleh Ketua BDC Kota Medan, Regen, SE,M.Si ini di ikuti oleh seluruh anggota BDC beserta manager BDC Kota Medan. Dalam rapat tersebut Regen menyampaikan bahwa rencana bisnis di tahun 2020 ini harus di fokuskan untuk pemberdayaan dan pengembangan KSM atau UMKM binaan BDC Kota Medan agar mampu berdaya saing dan mendorong pertumbuhan ekonomi di kota Medan.

"Kita ingin rencana bisnis BDC di tahun ini harus lebih kuat dibandingkan tahun lalu dalam mendorong pengembangan KSM atau UMKM binaan kita." Kata Regen. Dalam pengembangan KSM atau UMKM nya tersebut, Regen menjelaskan bahwa BDC Kota Medan menerapkan pembinaan secara paripurna yang artinya ialah dalam pembinaan tersebut BDC kota Medan menerapkan sistem terbalik dimana BDC lebih dahulu mencari pasar lalu membuat produk sehingga produk-produk yang diciptakan oleh para pelaku UMKM binaan BDC dapat tersalurkan secara optimal.

"Kita berbeda dari yang lainya, kita mencari pasar dulu baru membuat produknya artinya kita membantu pelaku UMKM ini secara paripurna mulai dari menyiapkan peralatan, pemodalan, pembuatan produk hingga pemasaranya, jadi kita bantu mereka mulai dari awal hingga produknya laku di pasaran."jelas Regen yang juga merupakan Kabid Ekonomi di Bappeda Kota Medan. Disamping itu dalam rapat ini Regen juga melakukan evaluasi terkait kinerja BDC Kota Medan di tahun 2019. Dimana program bisnis BDC yang belum maksimal di tahun 2019 akan dievaluasi agar dapat lebih maksimal di tahun 2020 ini.

"Kekurangan selama di tahun 2019 akan kita evaluasi dengan harapan di tahun ini BDC Kota Medan dapat lebih maksimal lagi dalam menjalankan bisnisnya."ujar Regen. Perlu diketahui, BDC Kota Medan sendiri merupakan bagian dari program KOTAKU yang bertujuan untuk mendukung peran Pemerintah Daerah dalam menjalin kemitraan sinergitas antara usaha produktif KSM dengan produk unggulan yang dikembangkan Pemda.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan