Plt Wali Kota Medan Inginkan Guru Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Siswa

dibaca 79 pembaca

Plt Wali Kota Medan Inginkan Guru Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Siswa

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H.Akhyar Nasution,M.Si menginginkan agar para guru dapat menanamkan pendidikan karakter kepada siswa, sebab menurut Plt Wali Kota Medan pendidikan karakter ini penting sebagai modal para siswa menghadapi masa produktif kelak. Hal tersebut disampaikan Plt Wali Kota Medan saat berkunjung ke sekolah UPT SMP N 24 Medan, jalan Metal, Kec. Medan Deli dalam rangka sosialisasi Medan Merdeka Belajar, Sabtu (1/2).

Dihadapan Kepala Sekolah, guru dan para siswa didik, Plt Wali Kota Medan mengatakan pendidikan tidak hanya mengenai ilmu pengetahuan saja melainkan juga mengenai pendidikan karakter bagi para siswa. Artinya setiap guru harus menemukan dan mengembangkan kemampuan yang ada di dalam diri masing-masing siswa sehingga mereka memiliki karakter yang kuat untuk menghadapi masa depanya.

"Setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda karena itu guru harus mampu menemukan kemampuan para siswanya setelah itu kemampuan tersebut harus di kembangkan sehingga dapat menjadi modal para siswa dalam menjalani kehidupanya kedepannya."jelas Plt Wali Kota Medan. Disamping itu lanjut Plt Wali Kota Medan lagi para guru juga harus mengajari para siswa untuk membangun jiwa kerjasama karena di masa sekarang ini tidak ada yang dapat bekerja dengan sendiri-sendiri harus mampu menjalin kerjasama dengan semua orang.

"Kemampuan kolaborasi itu penting karena di masa sekarang tidak ada yang mampu bekerja sendiri, bapak ibu guru harus menanamkan sifat ini ke para siswa dan meyakinkan para siswa bahwa masa depan mereka akan lebih cerah bila memiliki karakter dan mampu menjalin kerjasama."kata Plt Wali Kota Medan. Begitu pula halnya dengan membangun kota Medan ini, Plt Wali Kota Medan meyakini bahwa kota Medan ini dapat menjadi cantik apabila masyarakatnya mau mendukung salah satunya dengan turut serta menjaga kebersihan kota Medan.

"Karena itu saya menghimbau kepada guru dan siswa agar selalu menjaga kebersihan lingkungan, karena tanpa dukungan masyarakat mustahil kami dapat membangun kota ini."himbau Plt Wali Kota Medan. Dalam acara ini Plt Wali kota Medan juga melakukan peresmian ruang kelas baru UPT SMP N 24 Medan dengan di tandai penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita sekaligus melakukan peninjauan ke lahan pertanian (urban farming) miliki UPT SMP N 24 Medan yang dikelolah langsung oleh para siswa.

Sebelumnya Kepala Sekolah UPT SMP N 24 Medan Dewi Sri Indriati Kusuma,M.Si menjelaskan bahwa urban farming atau program siswa bertani merupakan program sekolah yang bertujuan agar siswa belajar cara menanam, merawat dan menghasilkan.

"Kalau sudah berhasil tentunya akan menjadi rasa bangga bagi para siswa yang menanam karena mereka menerima hasil dari apa yang mereka tanam."kata Dewi Sri Indriati Kusuma. Terkait dengan sosialisasi Medan Merdeka Belajar, Dewi Sri Indriati Kusuma sangat mengapresiasi dengan adanya program ini karena dapat mengembangkan bakat dan minat siswa sehingga mereka lebih terampil dalam mengasah kemampuannya masing-masing.

"Pengembangan bakat dan minat siswa ini juga sudah kami terapkan di sekolah melalui program kontekstual learning didukung dengan ekstrakulikuler yang kami buat, saya berharap program ini dapat bakat dan minat para siswa SMP N 24 Medan."Harapnya.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan