Danau Griya Martubung Mulai Di Bersihkan

dibaca 424 pembaca

Danau Griya Martubung Mulai Di Bersihkan

Untuk mengembalikan fungsinya sebagai daerah resapan air, Pemko Medan mulai melakukan pengorekan terhadap danau Martubung yang terletak di jalan Tangguk Raya Block 10 Komplek Griya Martubung, Senin (20/1).

Pengorekan ini di saksikan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si, didampingi Kepala Dinas kebersihan dan Pertamanan, M.Husni, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Armansyah Lubis, Kepala Dinas PKP&PR, Benny Iskandar, Kasat Pol PP, M. Sofyan, Kabag Humas, Arrahman Pane, dan Camat Medan Labuhan, Rudy Asriandy.

Sedikitnya dua alat berat berjenis eskavator diturunkan untuk membersihkan danau seluas sekitar lebih kurang 8 Ha ini. Lumpur dan tumbuhan eceng gondok yang sebelumnya menutupin danau perlahan dibersihkan dengan menggunakan kedua alat berat tersebut. Rencananya danau Martubung ini selain di jadikan kawasan resapan air, juga akan dijadikan tempat wisata air dan kuliner bagi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Kota Medan, dengan begitu masyarakat setempat juga akan terbantu karena akan menambah penghasilan mereka.

Plt Wali Kota Medan dalam tinjauannya tersebut mengatakan danau Martubung ini sudah diserahkan Perumnas Griya Martubung ke Pemko Medan sejak bulan Januari. Oleh karena itu Pemko Medan berkewajiban untuk mengelolah kawasan danau ini menjadi lokasi resapan air sekaligus juga akan dijadikan objek wisata air.

"Seluruh OPD kita sudah siap untuk menata danau ini sehingga nantinya dapat dijadikan arena wisata bagi masyarakat setempat."kata Plt Wali Kota Medan.

Plt Wali Kota Medan juga yakin bila kawasan ini telah menjadi objek wisata maka akan dapat menambah penghasilan bagi masyarakat sekitar, untuk itulah Plt Wali Kota Medan berharap masyarakat setempat juga dapat menjaga kebersihan danau ini.

"Setelah dibersikan masyarakat jangan lagi mengotori danau ini harus dijaga kebersihanya bersama-sama."ajak Plt Wali Kota Medan.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan