Plt Wali Kota Medan Ajak Generasi Muda untuk Jadikan Budaya Kebersihan Lingkungan Sebagai Kebutuhan Hidup

dibaca 234 pembaca

Plt Wali Kota Medan Ajak Generasi Muda untuk Jadikan Budaya Kebersihan Lingkungan Sebagai Kebutuhan Hidup

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si mengajak seluruh generasi muda Kota Medan untuk membudayakan kebersihan lingkungan dan budaya bersih tersebut harus dimulai dari lingkungan sekolah dan Pendidikan. Selain itu budaya hidup bersih merupakan kebutuhan dalam keharmonisan hidup masyarakat dengan alam, oleh karenanya masyarakat harus menyadari bahwa hidup bersih untuk kenyamanan hidup.

Demikian hal ini disampaikan Plt Wali Kota Medan ketika memimpin Upacara di SMP Negeri 39 Medan, Jalan Yong Panah Hijau, Kelurahan Labuhan Deli, Kecamatan Medan Marelan, Senin (20/01). Upacara yang merupakan rangkaian Edukasi Sadar Lingkungan program Coca -Cola Amatil ini dihadiri Plt Kadis Pendidikan Masrul Badri, Kadis Lingkungan Hidup, Syarif Armansyah Lubis, Kabag Agama Adlan, Kepala Sekolah SMP Negeri 39, Ester Simanjuntak dan Perwakilan PT Coca Cola amatil, Ahmad Nasoha serta Camat Medan Marelan, M. Yunus.

Dikatakan Plt Wali Kota Medan, Membudayakan kebersihan lingkungan saat ini perlu dilakukan karena, saat ini kita tidak pernah peduli akan kebersihan lingkungan dengan membuang sampah sembarangan. Tentunya ini menjadi perhatian Pemerintah Kota Medan untuk mengajak seluruh masyarakat agar berperan dalam kebersihan lingkungan.

"Bahkan dalam agama mengajarkan itu, secara khusus dalam ajaran Islma dan budayanya sudah menerapkan itu. Karena itu kita harus hidup bersih dan menyadari bahwa hidup bersih itu untuk kita juga,” kata Plt Wali Kota Medan.

Menurut Plt Wali Kota Medan bahwa budaya bersih tersebut harus ada dalam diri masing-masing warga. Karena sangat tidak baik jika hidup dengan sampah. Tentunya Budaya Bersih diterapkan terlebih dahulu pada diri pelajar sehingga jika para pelajar sudah berpola hidup sehat di lingkungan sekolah maka akan dapat dibawa budaya bersih ke lingkungan tempat tinggal mereka.

"Membudayakan kebersihan lingkungan dapat dilakukan dengan mewadahi sampah dan membuang sampah pada tempatnya. Artinya sampahkita adalah tanggung jawab kita. Jangan pernah berfikir ada petugas sampah sehingga kepedulian kita tidak ada” jelas Plt Wali Kota Medan.

Selanjutnya Plt Wali Medan mengungkapkan bahwa saat ini Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Pendidikan menerapkan Medan Merdeka Belajar. program ini adalah untuk mengembangkan potensi diri setiap pelajar. Sehingga mereka dapat berinovasi dan berkreatifitas.

"Selain mengembangkan potensi, Kedisplinan dan ketertiban adalah modal kemajuan bangsa. Untuk itu tanamkan dalam diri siswa untuk disiplin dan tertib. Untuk para guru mari kita terapkan disiplin kepada siswa. Beri sanksi kepada siswa yang wajar dalam menegakkan kedisiplinan dan tertib", ungkap Plt Wali Kota Medan.

Selanjutnya dalam Upacara ini, Plt Wali Kota Medan menyerahkan secara simbolis Tong Sampah dan melakukan penanaman pohon di halaman sekolah. Diharapkan tong sampah ini dapat menjadi motivasi untuk membudayakan kebersihan lingkungan di sekolah dan penanaman pohon sebagai wujud penghijauan.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan