High Level Meeting TPID Sumut Bahas Langkah Strategis Tekan Angka Inflasi

dibaca 352 pembaca

High Level Meeting TPID Sumut Bahas Langkah Strategis Tekan Angka Inflasi

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan diwakili Kabag Perekonomian M. Nasib menghadiri High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumut di Gedung Bank Indonesia (BI) Sumut, Jalan Balai Kota, Rabu (15/01). Pertemuan yang digelar BI Sumut ini membahas kebijakan dan langkah strategis guna menekan angka Inflasi di Provinsi Sumatera Utara.

Dalam High Level Meeting TPID Sumut ini, Hadir Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Kepala BI Sumut Wiwiek Sisto Widayat, Kabid Statistik Distribusi BPS Sumut, Dinar Butar- Butar, Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Provinsi Sumut, Arief S Trinugroho, dan Sejumlah Kepala Daerah dan TPID Kabupaten/Kota.

Dikatakan Gubernur Sumut, Bahwa Inflasi diibaratkan seperti Tensi yang suka turun naik. Untuk itu mari kita yang mengendalikan Inflasi jangan Inflasi yang mengendalikan Kita. Artinya Kebijakan dan langkah harus kita lakukan secara bertahap dan pasti salah satunya dengan mengetahui tingkat angka Inflasi di tahun tahun 2020.

Dalam kesempatan tersebut Kabag Perekonomian M Nasib, menjelaskan bahwa di tahun 2019, angka Inflasi di kota Medan mencapai 2.3 Persen akan tetapi di tahun tersebut terutama di bulan Juni Kota Medan mengalami Deflasi mencapai 0,28 Persen. Hal ini disebabkan karena adanya virus yang membuat banyak Babi mati dan dibuang di sungai Sehingga masyarakat enggan membeli ikan dan berimbas juga berkurangnya penjualan komoditas seperti Cabe Merah, Bawang Merah, Bawang Putih dan Cabe Rawit.

"Dengan terjadinya Deflasi, angka Inflasi di kota Medan masih dalam kategori Aman. Kedepan guna menekan Angka Inflasi, Pemko Medan menganggarkan pengadaan Control Atmosphere Storge (CAS) untuk menjaga Stok Kebutuhan Pangan di kota Medan", jelasnya.

Sebelumnya Kepala BI Sumut Wiwiek Sisto Widayat menjelaskan bahwa kebijakan dan langkah yang dilakukan TPID Sumut dalam menekan angka Inflasi dengan menjalankan program Kebijakan 4 K yakni, Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi Efektif.



Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan