Menhub Bersama Wagubsu dan Plt Wali Kota Medan Tinjau Terminal Amplas

dibaca 84 pembaca

Menhub Bersama Wagubsu dan Plt Wali Kota Medan Tinjau Terminal Amplas

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meninjau Terminal Amplas Medan, Sabtu (4/1). Peninjauan ini guna mewujudkan percepatan realisasi revitalisasi terminal modern di kota Medan.

Wagub Sumut H. Musa Rajeckshah dan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H Akhyar Nasution, M.Si, ikut mendampingi Menhub melihat kondisi terkini terminal yang pengelolaannya telah diserahkan kepada Kementerian Perhubungan itu.

Dalam peninjauan tersebut, Budi melihat posko pelayanan cek kesehatan dan narkoba bagi supir angkutan. Sekaligus juga melihat rencana pembangunan kawasan terminal yang akan direvitalisasi menggunakan APBN sebesar Rp40 Miliar dalam dua tahap, di mana untuk 2020 dianggarkan Rp20 Miliar.

“Kita punya anggaran, jadikan tempat ini sama baiknya dengan mal, bersih, semuanya ramah. Makanya kita mau kerja sama dengan swasta seperti mal dan hotel di sini. Kalau kita mau menjadikan bis sebagai angkutan utama, harus baik,” jelasnya didampingi Direktur Pembinaan Keselamatan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, M Risal Wasal.

Menhub juga melihat sebuah bus untuk memeriksa kelaikan angkutan dan berbincang dengan supir. Di kesempatan ini, Menhub mendengar berbagai masukan dan saran dari supir serta kendala yang mereka temui sebagai pelaku jasa transportasi. Dari hasil perbincangan tersebut ada beberapa poin yang diserap oleh Menhub untuk kemudian ditindaklanjuti Pemprov Sumut dan Pemko Medan.

Menhub mengatakan, langkah revitalisasi fasilitas umum itu nantinya diharapkan dapat didukung dengan berbagai upaya seperti sistem tiket online (daring).

“Kita ingin angkutan massal itu jadi utama. Caranya pertama, orang bisa terkontrol dengan baik. Kedua, terminalnya diperbaiki. Jadi bertahap prosesnya,” ujar Menhub.

Selain itu kata Menhub, langkah revitalisasi yang sebelumnya diusulkan Pemko Medan ke pusat diharapkan mendapat dorongan penuh seiring tahapan pembangunan berjalan. Di antaranya mendorong sistem tiket menggunakan daring, agar pelayanan ke penumpang lebih baik, profesional dan bertanggungjawab.

Wagub Sumut, H. Musa Rajekshah yang ikut bersama meninjau Terminal Amplas mengapresiasi perhatian pemerintah pusat ke provinsi ini, khususnya Kota Medan. Karena itu diharapkannya, masyarakat juga harus semakin tertib dan teratur, termasuk angkutan.

Sedangkan, Plt Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si., menegaskan bahwa Pemko Medan dalam ini sudah siap. Karena revitalisasi Terminal Terpadu Amplas merupakan keinginan pihaknya, menjadikan sarana pertukaran antar moda tersebut lebih modern, aman dan nyaman.

“Kami harapkan juga agar semua pelaku transportasi, memaksimalkan fungsi terminal ini. Seperti arahan Pak Menteri untuk dilakukan law enforcement (penegakan hukum). Jadi nanti, semua angkutan baik dalam dan luar kota, terpadu di sini,” sebut Akhyar.



Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan