Warga Medan Padati Pendopo Lapangan Merdeka Ikuti Zikir dan Doa Bersama Jelang Pergantian Tahun

dibaca 355 pembaca

Warga Medan Padati Pendopo Lapangan Merdeka Ikuti Zikir dan Doa Bersama Jelang Pergantian Tahun

Warga Medan memadati Pendopo Lapangan Merdeka, Selasa (31/12) malam, mengikuti Tausyiah, Zikir, dan Doa yang digelar Pemko Medan untuk memberi makna spiritual pada pergantian tahun 2019 ke 2020.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini merupakan muhasabah atas berbagai aktivitas di tahun ini.

"Melalui muhasabah kita akan mampu melakukan analisis kekuatan dan kelemahan kita, serta mampu melihat berbagai peluang dan tantangan yang akan kita hadapi di masa mendatang," ucap Akhyar dalam acara yang juga dihadiri unsur Forkopimda Medan, Sekda Kota Medan, Ir. Wiriya Alrahman, MM, Plt Ketua TP PKK Medan, Hj. Nurul Khairani Akhyar, alim ulama, dan segenap pimpinan OPD Pemko Medan itu.

Pada saat itu, Akhyar mengajak warga yang hadir berdoa agar Medan di 2020 senantiasa diberikan keberkahan dari Allah.

"Kita juga berdoa agar diberi nikmat kesehatan dan kekuatan untuk melaksanakan seluruh tugas dan tanggung jawab sehingga bisa membangun Medan, rumah kita bersama yang kita cintai ini," ungkapnya.

Akhyar juga mengajak warga mengintropeksi dan mengevaluasi apa yang dilakukan pada 2019 agar pada 2020 hasilnya lebih baik lagi.

"Jangan sampai kita menjadi orang merugi, orang yang hari ini tidak lebih baik daripada kemarin," sebut Akhar seraya mengajak warga senantiasa berdoa dan berusaha serta bertawakal kepada Allah agar hari esok lebih baik daripada hari ini.

Perhelatan Tausyiah, Zikir, dan Doa Bersama ini dipimpin oleh K.H. Amiruddin MS. Warga dengan sungguh-sungguh mengikuti tausyiah yang disampaikan dengan komunikatif oleh Amiruddin. Setelah itu dilanjutkan dengan zikir dan berdoa bersama.

Usai zikir dan doa, acara hiburan pergantian tahun kembali digelar di Lapangan Merdeka.

Ribuan warga Medan yang sejak pukul 21.00 WIB terkonsentrasi di Lapangan Merdeka pun disuguhkan hiburan nyayian dan tarian yang dilengkapi dengan tata cahaya yang apik.

Mendekati detik-detik pergantian tahun, Plt Wali Kota naik panggung hiburan yang berada di sisi Utara Lapangan Merdeka didampingi tokoh lintas agama.

Para tokoh agama lintas agama ini, dipimpin Ketua MUI Medan, Prof. H. M. Hatta berdoa untuk kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat Medan.

Dipanjatkan pula doa agar Tahun 2020 mendatangkan kebaikan dan perubahan, kebahagiaan, dan kesuksesan bagi Medan.

Usai doa dilanjutkan, para Plt Wali Kota bersama para tokoh agama, unsur Forkopimda, pejabat Pemko Medan, dan ribuan warga yang memadati Lapangan Merdeka bersama menyanyikan lagu " Gebyar-gebyar" yang dilanjutkan lagu " Rumah Kita".

Selanjutnya, saat pergantian tahun tinggal dalam hitungan kesepuluh, seluruh warga pun menghitung mundur. Tiba pada hitungan terakhir, kembang api pun melesat-lesat ke atas dan membentuk formasi indah di langit Lapangan Merdeka. Spontan warga berteriak gembira.

Malam pergantian tahun ini berlangsung meriah, namun tetap mengedepan nilai-nilai spiritualitas .

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan