Plt Wali Kota Buka Musda Ke-XI Mabmi Medan

dibaca 153 pembaca

Plt Wali Kota Buka Musda Ke-XI Mabmi Medan

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si diwakili Kadis Kebudayaan, Drs. O. K. Zulfi, M.Si membuka Musyawarah Daerah (Musda) ke-XI Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (Mabmi) Medan, Minggu (29/12) di Hotel Asrama Haji.

Musda yang bertemakan “Mewujudkan tali silaturrahmi sesama warga Melayu dalam kerangka NKRI” ini memiliki agenda untuk memilih kepengurusan periode baru. Hadir dalam acara ini Sekjen PB Mabmi, Dr. M. Takari, Ketua PD Mabmi Medan, Shafwan Khayat, Ketua Forkala Dato Adil Fredy Haberham, dan segenap Pengurusan Kecamatan Mabdi se-Kota Medan.

Pada saat itu, Kadis Kebudayaan membacakan sambutan tertulis Plt Wali Kota Medan. Disebutkannya, tahun depan usia Mabmi sudah mencapai setengah abad. Ini menjadi bukti bahwa keberadaan Mabmi jelas dibutuhkan sebagai bentuk ekspresi dari kehendak masyarakat Melayu untuk berhimpun, bermusyawarah tentang keberadaan adat dan kebudayaan Melayu.

Hal ini, lanjutnya, didasari fakta bahwa masyarakat Melayu meyadari ketiadaan lembaga tempat bermusyawarah mengenai adat dan budaya akan mengakibatkan kurangnya daya dorong dan lesat serta potensi integrasi sosial budaya Melayu.

O. K. Zulfi menyampaikan, upaya melestarikan budaya Melayu bukan hanya tanggung jawab segelintir pengurus saja, melain tanggung jawab bersama agar Melayu tidak hilang dari muka bumi.

“Maka menjaga ada resam budaya Melayu menjadi kewajiban setiap individu yang menyebut dirinya sebagai bangsa Melayu,” ungkapnya.

Di akhir sambutan sebelum membuka acara ini, O. K. Zulfi juga mengungkapkan keyakinannya, Melayu tetap akan menjadi salah satu suku yang mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara di Republik Indonesia sampai kapan pun juga.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan