Kampung Wisata Salam Bahari Ramah Anak Jadi Wujud Tanggung Jawab Untuk Kota Medan

dibaca 134 pembaca

Kampung Wisata Salam Bahari Ramah Anak Jadi Wujud Tanggung Jawab Untuk Kota Medan

Upaya warga Kecamatan Medan Belawan tepatnya di Jalan Stasiun, Gang Taqwa, Kelurahan Belawan Bahari untuk merubah kondisi dan menata lingkungan mendapat apresiasi dari Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, MSi. Jumat (27/12), Plt Wali Kota pun datang dan melihat langsung wajah lingkungan yang diberi nama Kampung Wisata Salam Bahari Ramah Anak tersebut usai dilakukan pembenahan. Selama ini, wilayah tersebut dipenuhi sampah dan terkesan tidak terawat. Terlebih jika air rob melanda dan membawa sampah seakan kian memperparah kondisinya. Oleh karenanya, unsur kelurahan bersama para warga pun berinisiatif untuk merubah, membersihkan dan menata lingkungan yang dihuni sebanyak 20 kepala keluarga tersebut. Kedatangan Plt Wali Kota pun mendapat sambutan hangat dan kegembiraan dari warga. Memasuki areal gang, Plt Wali Kota melihat kondisi parit yang telah dibersihkan. Di samping itu, terlihat para warga dibantu unsur aparat TNI tengah membuat mural (lukisan di dinding/tembok). Plt Wali Kota pun ikut mengecat sebanyak bentuk dukungannya atas inisiatif para warga mempercantik lingkungannya.

Sebagai bentuk ucapan selamat datang, Plt Wali Kota juga disambut tarian adat batak yang dibawakan anak-anak sekitar. Selanjutnya, menyusuri areal gang, Plt Wali Kota menghentikan langkahnya untuk melihat tanaman hidroponik yang dibudidayakan warga sehingga kini dipenuhi berbagai jenis tumbuhan dan sayuran yang bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar. Keberadaan Kampung Wisata Salam Bahari Ramah Anak yang terletak berdekatan dengan aliran sungai ini juga dimanfaatkan warga untuk membudidayakan ikan. Hal ini juga tidak luput dari pantauan Plt Wali Kota sambil menabur benih ikan ke dalamnya. Diharapkan kondisi sungai dapat dijaga kebersihannya agar ikan-ikan yang dipelihara dapat terjaga kualitas dan mutunya. Namun sebelum itu, Plt Wali Kota juga meninjau sebuah pondok baca yang diperuntukan bagi anak-anak agar gemar membaca dan belajar. Usai berkeliling dan melihat satu-persatu inovasi yang dilakukan warga, Plt Wali Kota selanjutnya diajak untuk duduk di sebuah pondok yang beratapkan dari tumbuhan nipah sehingga memberi kesan sejuk saat berada di dalamnya. Dihadapan lurah Belawan Bahari Sonang dan para warga, Plt Wali Kota mengaku senang dan bangga atas inisiasi, kepedulian dan inovatif yang dilakukan untuk membenahi lingkungan tersebut.

"Kami mengaku senang melihatnya. Pembenahan demi pembenahan yang dilakukan menjadi wujud kepedulian kita kepada Kota Medan. Inilah yang seharusnya kita bangun bersama. Rasa kebersamaan, tanggung jawab dana rasa memiliki akan Kota Medan harus ditanamkan dalam diri kita semua untuk sama-sama merubah wajah Kota Medan menjadi lebih baik lagi," kata Plt Wali Kota. Didampingi Kabag Humas Setdako Medan Arrahmam Pane, Plt Wali Kota juga disuguhkan aneka makanan dan minuman yang dibuat warga hasil pemanfaatan tumbuhan dan tanaman yang diberdayakan salah satunya jus buah nipah dan keripik sayur bayam. Melihat hal tersebut, Plt Wali Kota berharap kegiatan tersebut menjadi sarana warga untuk menambah pemasukan lewat kreatifitas yang bernilai ekonomis.

"Ke depan ini harus terus difokuskan. Sehingga nantinya memiliki nilai jual sehingga berdampak pada meningkatnya ekonomi kerakyatan dan menjadi peluang bisnis yang baik jika kita konsisten untuk melakukan. Artinya, segala yang ada disekitar kita bisa menjadi sesuatu yang bernilai guna jika kita mampu memanfaatkannya," bilangnya. Terakhir, Plt Wali Kota berharap dan berpesan agar hal serupa dapat ditiru dan menjadi magnet bagi warga Kota Medan untuk membenahi lingkungan masing-masing. "Kampung Wisata Salam Bahari Ramah ini menjadi contoh nyata bahwa tidak ada yang tidak bisa diperbaiki, dibenahi dan ditata jika kita mau melakukannya. "Sekarang tempat ini sudah bersih. Ayok kita datang kemari dan dinikmati berbagai inovasi di sini," ajaknya.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan