2020, Pemko Fokus Tata Lalu Lintas

dibaca 159 pembaca

2020, Pemko Fokus Tata Lalu Lintas

Tahun 2020, Pemko Medan akan fokus menata lalu lintas. Beberapa hal yang akan dilakukan antara lain evaluasi traffic management berkelanjutan dan penataan pakir. Hal ini disampaikan Pelaksana tugas Plt Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M. Si., saat menjadi Pembina Apel Kesiapan Petugas Dinas Perhubungan dalam Persiapan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Sabtu (21/12) di Lapangan Merdeka.   Dalam apel itu Akhyar memeriksa kesiapan 1.200 petugas yang akan menjalankan tugas mendukung kelancaran lalu lintas pada perayaan Natal dan Tahun Baru.

Pada apel yang juga diikuti Kadis Perhubungan, Iswar, Akhyar mengatakan, Pemko Medan akan fokus pada penataan lalu lintas. Untuk diperlukan petugas yang benar-benar siap. Akhyar menyebutkan, dalam penataan lalu lintas ini akan senantiasa dilakukan evaluasi traffic management. Selain itu, lanjut Akhyar, Pemko Medan juga akan fokus menata parkir. 

"Tim penataan parkir harus mampu mengendalikan juru parkir," sebut Akhyar mengingatkan. Akhyar juga mengatakan, para juru parkir itu harus tertib retribusi. Maksudnya, retribusi harus disetor setiap hari. Jangan sampai berhari-hari tidak disetor. 

"Tindak tegas petugas yang bermain-main dengan setoran retribusi," ucapnya. Selain tertib retribusi, lanjut Akhyar, juru parkir juga harus tertib dalam menata letak kendaraan yang diparkir. 

"Tak ada lagi toleransi terhadap parkir berlapis yang akan memacetkan lalu lintas," tegas Akhyar. 

Akhyar juga mengatakan, dalam penataan parkir, kelancaran lalu lintaslah yang diutamakan. Petugas harus bisa tegas jika ada pengendara yang parkir sembarangan dan mereka yang menggunakan badan jalan untuk berjualan sehingga arus lalu lintas lambat. 

"Kalian harus tegas dan berani. Tapi tidak harus pula kasar dan arogan," pesan Akhyar. Akhyar juga mengucapkan selamat kepada THL Dinas Perhubungan yang mendapat perpanjangan kontrak kerja. Diingatkan pula, kinerja mereka akan terus diawasi dan dievaluasi. Usai apel, Kadis Perhubungan, Iswar, mengatakan, untuk memberikan kenyamanan berlalu lintas pada warga saat perayaan Natal dan Tahun Baru, pihaknya akan menurunkan petugas di seputaran rumah ibadah dan pusat-pusat keramaian.  Selain itu, untuk angkutan ke luar kota,  Dishub Medan bekerja sama dengan Dishub Sumut serta BNN akan melakukan pemeriksaan angkutan para supir.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan