Dipimpin Panglima TNI dan Kapolri, Plt Wali Kota Medan Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2019 dan Tahun Baru 2020

dibaca 148 pembaca

Dipimpin Panglima TNI dan Kapolri, Plt Wali Kota Medan Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2019 dan Tahun Baru 2020

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, MSi mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2019 di Lapangan Benteng, Kamis (19/12). Apel Gelar Pasukan yang dipimpin Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Idham Azis ini berjalan Lancar dan Khidmat. Dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2019 dan Tahun Baru 2020, turut hadir Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut, Irjen Martuani Sormin, Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah, Wakajatisu, Sumardi, SH.MH, Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, Kodim 02/01 BS Kol Inf Roy J Hansen Sinaga dan Kajari Medan, Dwi Harto SH.MH serta Unsur Forkompinda Sumut dan Forkompinda Kota Medan.

Apel Gelar Pasukan ini diawali dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Kemudian, Panglima TNI dan Kapolri memeriksa kelengkapan setiap peserta apel yang diikuti anggota lintas instansi di antaranya Polri, TNI, Basarnas, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan sejumlah Ormas. Pengecekan ini dilakukan sebagai standarisasi untuk Operasi Lilin Toba 2019 jelang Natal dan Tahun Baru 2020. Selanjutnya, Panglima TNI dan Kapolri melakukan penyematan pita kepada petugas Dishub, PM, Brimob dan Polisi Lalu Lintas (Polantas). Penyematan ini sebagai tanda Operasi Lilin Toba 2019 dan Tahun Baru 2020. Dalam sambutannya, Panglima TNI mengatakan kesiapan secara fisik serta kerja keras seluruh komponen dapat membuat perayaan Natal dan tahun baru terjamin keamanannya. Artinya peran serta masyarakat juga sangat dibutuhkan.

"Satu lagi yang tidak kalah penting, yaitu keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam turut menjaga keamanan dan ketertiban lingkungannya sendiri. Di era yang diwarnai dengan komunikasi digital dan media sosial ini, sudah selayaknya kita memperkuat sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Gotong royong, toleransi," kata Marsekal Hadi. Kemudian Panglima TNI berpesan agar seluruh komponen masyarakat menyambut tahun baru 2020 dengan rasa optimisme. Artinya semangat demokrasi harus dikedepankan untuk menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan.

"Saya ingin mengajak kita semua untuk berdoa agar perayaan Natal tahun 2019 dan pergantian tahun 2020 nanti berjalan dengan aman dan lancar. Selanjutnya kepada seluruh prajurit TNI, anggota Polri, serta hadirin sekalian yang beragama Nasrani, saya mengucapkan selamat merayakan Natal. Saya ucapkan pula selamat Tahun Baru 2020 kepada seluruh hadirin yang saya muliakan", ungkap Panglima TNI. Usai Memimpin Apel Gelar Pasukan, Panglima TNI dan Kapolri bersam Gubernur Sumut melepas Rombongan sepeda Motor yang dikemudikan Anggota TNI/Polri dalam rangka Patroli Skala Besar Wilayah Sumatera Utara khususnya Kota Medan. Dalam kesempatan tersebut, Plt Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, MSi mengungkapkan Pemerintah Kota Medan siap mendukung Operasi Lilin Toba 2019 dan Tahun Baru 2020. Artinya bersinergitas dengan Polrestabes Medan dan Kodim 0201/BS, Pemko Medan akan menempatkan personil Satpol PP, Dishub dan Petugas Kesehatan serta Kepala Lingkungan di setiap Posko Pengamanan.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan