Plt Wali Kota: Bersih Diri dan Lingkungan Harus Selaras

dibaca 114 pembaca

Plt Wali Kota: Bersih Diri dan Lingkungan Harus Selaras

Kebersihan diri dan lingkungan harus selaras. Pasalnya, lingkungan yang tidak bersih rentan menyebarkan kuman dan bakteri yang mengancam kesehatan.

Hal ini disebutkan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si saat menghadiri Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia Pakai Sabun Tingkat Kota Medan, Rabu (18/12) di SD Angkasa yang berlokasi di Jalan Polonia, Kelurahan Sukadamai, Medan Polonia.

"Jangan berpikir setelah cuci tangan, bersih diri, persoalan selesai. Kalau lingkungan masih kotor, kuman dan bakteri menjadi ancaman yang nyata," ujar Plt Wali Kota dalam perhelatan yang juga dihadiri Plt Ketua TP PKK Medan, Hj. Nurul Khairani Akhyar, segenap pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, para guru dan siswa itu.

Akhyar juga mengatakan, kampanye cuci tangan pakai sabun ini harus didukung dengan penyiapan sarana dan prasarana.

"Saya juga mengharapkan peringatan ini akan menjadi kesadaran bersama untuk hidup bersih," ucap Akhyar.

Acara ini berlangsung dalam suasana ceria gembira. Selain diisi dengan Pembacaan Ikrar Hidup Bersih oleh para siswa, juga suguhan tarian. Bahkan Plt Wali Kota dan Plt Ketua TP PKK serta segenap undangan juga manortor bersama para siswa.

Sebelumnya, Plt Ketua TP PKK Medan, Hj. Nurul Khairani Akhyar menyampaikan, Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia Pakai Sabun Tingkat Kota Medan ini merupakan program kerja rutin TP PKK Medan yang dilaksanakan setiap tahunnya. Pada tahun ini TP PKK bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, serta Kecamatan Medan Polonia.

Tujuan kegiatan ini, lanjutnya, untuk mengampanyekan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat. Dan salah satu indikator PHBS yaitu mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan menggunakan sabun.

Nurul mengatakan, sehat merupakan hak setiap individu dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam gaya hidup sehari-hari. Untuk itu perlu pembinaan dan penyuluhan berkesinambungan kepada semua anggota keluarga, agar mereka mau dan mampu serta atas kesadaran sendiri untuk melakukan PHBS.

Pada saat itu, Nurul juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Yayasan Perguruan Angkasa Lanud Soewondo serta seluruh pihak yang mendukung kegiatan ini.

Usai menghadiri Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia Pakai Sabun ini, Plt Wali Kota Medan meninjau mural yang ada pinggiran Jalan Polonia, Kelurahan Sukadamai, Medan Polonia.

Plt Wali Kota mengapresiasi upaya Camat Medan Polonia, Amran Sanusio Pane, memperindah wilayahnya.

Selain itu, Plt Wali Kota juga meminta Camat yang mendampinginya dalam peninjauan itu, untuk menambahi keindahan ini dengan menanam tumbuhan yang bermanfaat bagi warga.

"Kalau sudah indah dan bermanfaat, diharapkan masyarakat akan segan membuang sampah di pinggiran jalan ini," pesan Plt Wali Kota.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan